Sabtu, 2 Juli 2022

Mahasiswa Layak Jadi Pemicu Tumbuhnya Ekosistem Digital

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tubagus Husniah (paling kanan) bertemu dengan mahasiswa di ITS Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi saat ini harus ditanggapi, dan tidak dibiarkan begitu saja liar. Dan mahasiswa sebagai generasi muda layak jadi pemicu bagi tumbuhnya ekosistem digital ditengah masyarakat.

“Generasi muda adalah generasi penerus, mahasiswa sebagai generasi muda adalah pemegang estafet pemerintahan dan perkembangan negeri ini. Perkembangan IT tidak bisa dibiarkan liar. Mahasiswa layak jadi pemicu tumbuhnya ekosistem digital,” kata Tubagus Husniah General Manager CSR Telkomsel.

Mahasiswa dengan segala habitatnya, lanjut Tubagus termasuk di tengah aktivitas di kampusnya diharapkan mampu menjadi pemicu pertumbuhan ekosistem digital yang ada di lingkungannya sendiri maupun di tengah masyarakat.

Melalui program-program kegiatan seperti The NextDev, diharapkan generasi muda negeri ini tidak sekadar menjadi konsumen berbagai produk digital.

“Tetapi mahasiswa sebagai generasi muda melalui program-program berkesinambungan yang kami buat seperti The NextDev, diharapkan mampu melahirkan produk yang bisa digunakan oleh mereka sendiri maupun dipakai secara luas,” kata Tubagus.

Bila perlu, produk karya para mahasiswa itu dapat dikonsumsi oleh masyarakat di negara lain, sehingga akan terus menumbuhkan ekosistem digital yang saat ini terus tumbuh di Indonesia maupun diluar negeri.

Oleh karena itu, Tubagus berharap dari kampus-kampus yang ada di Surabaya maupun di berbagai kota lain di Indonesia, dimana program The NextDev akan menggelar aktivitasnya, bakal muncul aplikasi-aplikasi atau produk-produk terbaru karya mahasiswa.

Ditemui di auditorium pasca sarjana ITS, Senin (15/2/2016) Tubagus Husniah mengingatkan bahwa Ekosistem Digital harus terus dibangun agar masyarakat termasuk mahasiswa mampu bersaing ditengah globalisasi.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 2 Juli 2022
28o
Kurs