Kamis, 16 Mei 2024

Mahasiswi ITS Raih Juara Internasional dari Macau

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tunjung menunjukkan piagam kemenangan dari Macau International Innovation and Invention Expo 2016. Foto: Humas ITS Surabaya.

Tunjung Rahmawati, mahasiswi semester empat jurusan Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, berhasil meraih medali emas dari Macau International Innovation and Invention Expo 2016.

Karya Tunjung Rahmawati berjudul Fabrication of Chitosan-based Membrane for Salt Removal. Pada karyanya ini, Tunjung menggunakan limbah kulit udang diubah menjadi membran kitosan. Membran tersebut digunakan untuk mengurangi kadar garam dalam air.

Setelah melakukan uji salinitas, membran tersebut terbukti efektif mengurangi kadar garam hingga 75 persen. Dan untuk merampungkan karya tersebut, dibutuhkan waktu penelitian sekitar tiga bulan. Mulai April hingga Juni 2016.

Tunjung mengungkapkan bahwa penelitian yang sudah dilakukan tersebut masih belum sempurna. Awalnya, Tunjung berniat melakukan penelitian karakterisasi material untuk mengamati struktur morfologi membran buatannya.

Sementara itu, selama kegiatan Expo, Tunjung bersaing dengan puluhan peneliti yang berasal dari berbagai belahan dunia. Sejumlah peneliti muda dari Indonesia, Cina, Hongkong, Taiwan, Belanda, Polandia dan beberapa negara lainnya, bersaing pada lomba itu.

Ketika ditanya tentang juri penilai, Tunjung menceritakan bahwa para juri tertarik dengan ide dan peluang implementasi karyanya.

“Para juri sangat tertarik dengan inovasi yang unik dan memiliki nilai implementasi tinggi. Hal itulah yang membuat saya berhasil mendapatkan medali ini,” kata perempuan kelahiran Klaten, 28 Juli 1995 ini.

Tunjung yakin bahwa mahasiswa ITS mampu bersaing di kancah internasional. “Karya penelitian mahasiswa ITS tak kalah baik dari penelitian mahasiswa asing. Asal dikerjakan dengan baik, dan percaya diri menyampaikannya di presentasi, pasti bisa juara,” pungkasnya.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
28o
Kurs