Sabtu, 18 Mei 2024

Malam Nanti, Rai Gedhek Tampil di Pentas UN Habitat III

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rai Gedhek karya Heri Lentho bakal tampil di UN Habitat III. Foto: FB Heri Lentho

Masih dari rangkaian kegiatan berskala internasional yang digelar di Kota Surabaya, UN Habitat III, dijadwalkan bakal tampil karya tari berjudul Rai Gedhek sebagai pembuka fashion show Selasa (26/7/2016) malam menjelang pukul 18.00 wib.

Rai Gedhek yang digarap Heri Lentho koreografer berpengalaman, bercerita tentang pudarnya rasa malu yang sekarang ini sudah menghinggapi masyarakat luas.

Korupsi terjadi dimana-mana, dan dilakukan oleh banyak orang, adalah satu diantara bukti hilang dan pudarnya rasa malu itu. “Dalam bahasa Jawa atau Suroboyoan, Rai Gedhek maknanya adalah tidak tahu malu. Dan itu adalah kondisi kekinian masyarakat bangsa kita,” terang Heri Lentho.

Heri ingin menyampaikan kepada masyarakat luas tentang kondisi kekinian yang memang sangat memprihatinkan. “Paling tidak, pada Rai Gedhek ada pesan yang perlu dibagikan kepada siapapun tentang pudarnya rasa malu,” kata Heri.

Meski tidak punya tujuan khusus menampilkan Rai Gedhek pada pentas yang bakal ditonton sejumlah tamu negera asing peserta UN Habitat III, tapi Heri berharap sajian tari yang ditampilkannya memberikan hiburan tersendiri bagi tamu luar negeri peserta UN Habitat III tersebut.

Rai Gedhek menampilkan beberapa penari yang nantinya dilengkapi dengan asesoris penutup wajah terbuat dari bambu yang sudah dibuat sedemikian rupa menjadi Gedhek.

Dijadwalkan, Rai Gedhek ditampilkan pada satu diantara rangkaian acara UN Habitat III, yang dipusatkan disepanjang kawasan Jl. Tunjungan, Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs