Senin, 29 April 2024

Malam Tasyakuran Kampung Maspati Spesial, Delegasi Cross Culture Bergabung

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Kedatangan delegasi cross culture dari Rumania disambut oleh warga Kampung Lawas Maspati Surabaya. Delegasi laki-laki dikalungi sarung, sedangkan delegasi perempuan diberikan kerudung. Foto: Tito suarasurabaya.net

Malam tasyakuran atau malam perenungan mengingat perjuangan para pahlawan, Selasa (16/8/2016) malam, di Kampung Lawas Maspati terasa istimewa. Ini karena kedatangan Delegasi Cross Culture asal Rumania sekitar 35 orang.

“Karena ini adalah agenda rutin setiap tahun dan juga sudah terbiasa menerima tamu dari delegasi asing, kami tidak merasa susah untuk mempersiapkan acara ini,” kata Sabar Ketua RW Kampung Lawas Maspati, Surabaya.

Sabar juga mengatakan, harapannya dengan acara ini para delegasi yang datang bisa memahami dan merenungi kemerdekaan Indonesia.

“Kalau mereka datang dalam malam tasyakuran ini, berarti mereka juga ikut merenungi dan otomatis mengakui kemerdekaan kita,” ujar Sabar.

Kedatangan delegasi pada pukul 19.30 WIB disambut terbuka para warga setempat. Untuk delegasi laki-laki dikalungi sarung bertuliskan Kampung Lawas Maspati, sedangkan delegasi perempuan diberikan kerudung.

Selanjutnya, para delegasi ini memasuki kampung dengan membawa lilin yang sudah disiapkan sebagai bentuk perenungan.

Sementara itu, film mengenai sejarah kemerdekaan diputarkan untuk para delegasi yang hadir.

Manaf sesepuh Kampung Lawas Maspati, lalu menceritakan ulang bagaimana perjuangan para pejuang waktu dahulu.

“Jaman perjuangan dahulu para pejuang melawan para penjajah menggunakan senjata. Saat ini, kita sudah merdeka, perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan sudah bukan lagi menggunakan dengan senjata. Untuk itu, kita harus jaga kemerdekaan kita dengan baik,” ujar Manaf.(tit/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs