Rabu, 1 Mei 2024

Masih Ada 742 Perlintasan KA Wilayah Daop VIII Tidak Berpalang Pintu

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Perlintasan Kereta Api di Jalan Gayung Kebonsari yang tidak berpalang pintu, hanya dijaga sukarelawan warga setempat, Minggu (10/1/2016). Foto: Dok/Denza suarasurabaya.net

Hingga saat ini masih ada 742 perlintasan kereta api (KA) tidak berpalang pintu, dari total 843 perlintasan di wilayah PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasional (Daop) VIII Surabaya.

Perlintasan KA tidak berpalang pintu ini tersebar di seluruh daerah di wilayah Daop VIII, yang membawahi 52 stasiun KA.

Wiwik Widayanti Wakil Presiden Eksekutif PT KAI Daop 8 Surabaya menyatakan, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat telah menambah rambu di semua perlintasan kereta tidak berpalang pintu.

“Dishub sudah menambah rambu, ya. Selain itu, nanti ada bantuan dari petugas Dishub untuk pengamanan perlintasan tanpa palang pintu,” ujarnya usai Apel Siaga Pasukan, Jumat (24/6/2016).

Untuk mengatasi kebutuhan petugas di pintu perlintasan KA PT KAI Daop VIII menyiagakan 124 petugas ekstra, khusus untuk penjagaan pintu perlintasan selama masa mudik lebaran 2016 ini.

“Ada 124 petugas pintu perlintasan tambahan. Kalau memang tidak mencukupi kami juga memanfaatkan bantuan swadaya masyarakat, juga dari petugas Dishub Pemerintah Kota,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, PT KAI Daop VIII Surabaya menyiagakan 436 pasukan yang melibatkan Brimob, Polsek Gubeng, Polisi Khusus Kereta Api hingga 150 relawan Komunitas Pecinta Kereta Api.

Sebagaimana instruksi Ignasius Jonan Menteri Perhubungan, target selama masa Angkutan Mudik Lebaran 2016 ini adalah zero accident.

“Kami upayakan semaksimal mungkin agar target Kementerian Perhubungan ini tercapai,” ujar Wiwik.(den/rst)

Teks Foto:
– Wiwik Widayanti Wakil Presiden Eksekutif PT KAI Daop VIII Surabaya. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
30o
Kurs