Senin, 6 Mei 2024

Masyarakat Empat Kota Menulis Surat Semangat untuk Guru

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Seorang pengunjung Car Free Day di Taman Bungkul Surabaya sedang menulis Surat Semangat, Minggu (18/9/2016). Foto: Ruang Berbagi Ilmu

Relawan panitia Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) melaksanakan NyeRu (Kampanye RuBI) serentak di empat kota besar di Indonesia, Minggu, 18 September 2016. Dalam aksi yang digelar di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Palembang tersebut, relawan panitia mengumpulkan “Surat Semangat” dari pengunjung car free day (CFD).

Panitia akan membagikan “Surat Semangat” yang terkumpul untuk guru-guru peserta RuBI di tujuh kota/kabupaten, yaitu Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur; Kabupaten Bener Meriah, DI Aceh; Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kabupaten Gorontalo, Sulawesi Utara; Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara; Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur; dan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

“Surat Semangat ini adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap guru. Dengan mengirimkan surat ini ke guru-guru peserta RuBI, kami berharap bisa mengobarkan semangat para guru di Indonesia,” kata Arieffender Limupa, Relawan Panitia RuBI, Minggu (18/09).

Berdasarkan pantauan, pengunjung CFD antusias menulis di kertas surat yang telah disiapkan panitia. Anggoro Kasyanto pengunjung CFD di Jakarta, dalam suratnya mengungkapkan kekagumannya terhadap profesi guru.

“Saya dapat menjadi presiden direktur salah satu perusahaan minyak dan gas internasional seperti ini adalah karena jasa guru. Anda (guru) yang nantinya akan membentuk seribu presiden direktur lainnya,” ujar Anggoro di Taman Semanggi, Jakarta.

Sementara, Wati, pengunjung CFD di Taman Bungkul Surabaya menulis, “Untuk para guru, semoga tetap semangat mengabdi mencerdaskan anak-anak yang akan menjadi pemimpin bangsa ini di masa depan. Dengan halangan dan rintangan yang mungkin dihadapi, tetaplah semangat”.

Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) adalah gerakan kerelawanan yang diinisiasi oleh Indonesia Mengajar sejak tahun 2015. Ruang Berbagi Ilmu telah hadir di 20 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Tercatat 226 profesional dari pelbagai latar belakang telah berbagi ilmu dengan ribuan tenaga pendidik di 20 lokasi penyelenggaraan Ruang Berbagi Ilmu.

“Ruang Berbagi Ilmu memberi kesempatan bagi para profesional dan khalayak luas, siapapun dan apapun profesinya, untuk berkontribusi meningkatkan kualitas tenaga pendidik di tujuh kota/kabupaten di Indonesia. Segera isi formulir pendaftarannya di www.ruangberbagiilmu.org/wp/pendaftaran/ sebelum 27 September 2016,” kata May Ichi Yeina Nofa, Koordinator Ruang Berbagi Ilmu Semester II di Jakarta.

Selama satu hingga tiga hari, relawan narasumber akan hadir ke daerah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dengan materi yang telah ditentukan kepada guru, kepala sekolah, maupun tenaga pendidik lainnya. Fokus dari Ruang Berbagi Ilmu adalah peningkatan kualitas tenaga pendidik di Indonesia.

Sementara, relawan dokumentator akan hadir ke daerah untuk mengabadikan momen berbagi para relawan bersama para tenaga pendidik, termasuk keindahan lokasi pelaksanaan Ruang Berbagi Ilmu. Melalui foto dan video relawan dokumentator dapat menceritakan potret pendidikan Indonesia.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs