Senin, 6 Mei 2024

Megawati Dianugerahi Penghargaan Tertinggi Gerakan Pramuka

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi Foto: Antara

Megawati Soekarnoputri Mantan Presiden RI dianugerahi penghargaan tertinggi dalam Gerakan Pramuka yakni Satya Lencana Tunas Kencana bersama tokoh lainnya bertepatan pembukaan Jambore Nasional oleh Joko Widodo Presiden.

Adhyaksa Dault Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam laporannya kepada Joko Widodo Presiden sebelum peresmian Jambore Nasional X 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (14/8/2016), mengatakan Gerakan Pramuka menganugerahkan penghargaan kepada 38 tokoh yang dianggap berkontribusi besar terhadap pengembangan Gerakan Pramuka di Indonesia salah satunya Megawati Soekarnoputri Mantan Presiden RI.

“Tapi beliau mengonfirmasi tidak bisa hadir maka kami beserta jajaran pengurus Kwarnas akan mengantarkan penghargaan ini kepada beliau,” kata Adyaksa dilansir Antara.

Pada kesempatan itu, selain hadir dan memberikan sambutan, Joko Widodo Presiden juga secara resmi membuka pelaksanaan Jambore Nasional ke-10 Tahun 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden memberikan Anugerah Penghargaan Gerakan Pramuka.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 38 orang yang dianggap berkontribusi besar dalam Gerakan Pramuka.

Selain Megawati, Jokowi Presiden juga memberikan anugerah kepada 37 orang lainnya dalam bentuk Lencana Mabida Peduli (3 orang);

Lencana Melati (15 orang); Lencana Darma Bakti (5 orang); Lencana Satyawira Madya (8 orang); Lencana Karya Bakti (1 orang); Lencana Pancawarsa Utama (1 orang); dan Lencana Teladan (4 orang).

Di antara ke-37 orang penerima anugerah tersebut, Siti Nurbaya Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Rano Karno Gubernur Banten, dan Ignasius Jonan mantan Menteri Perhubungan.

Acara yang bertemakan “Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, dan Asyik” ini juga dimeriahkan dengan pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan seribu model pesawat ringan (chuck glider) oleh seribu peserta Jambore Nasional.

Joko Widodo Presiden dan Iriana Joko Widodo Ibu Negara mengawalinya dengan melemparkan pesawat ringan masing-masing ke udara untuk kemudian diikuti oleh peserta lainnya.

Hadir dalam peringatan Hari Pramuka tahun ini di antaranya ialah Puan Maharani Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Wiranto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga, Siti Nurbaya Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Muhajir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Jaksa Agung H.M. Prasetyo, Teten Masduki Kepala Staf Kepresidenan, dan Johan Budi Staf Khusus Presiden.(ant/zha/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs