Sabtu, 27 April 2024

Mendagri Minta Plt Gubernur DKI Sukseskan Pilkada 2017

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
(Kanan ke Kiri) Soni Sumarsono Plt Gubernur DKI, Tjahjo Kumolo Mendagri, Ahok dan Djarot cagub dan cawagub nomor urut 2, di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016). Foto: do/Farid suarasurabaya.net

Soni Sumarsono resmi menjabat Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, terhitung mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

Dirjen Otonomi Daerah itu, sementara waktu menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur DKI yang cuti kampanye.

Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri berharap, Plt Gubernur DKI bisa melaksanakan tugas dengan baik. Sehingga, Pilkada DKI tahun depan, berlangsung demokratis dan aman.

“Dinamika Pilkada DKI menjadi barometer penyelenggaraan Pilkada secara keseluruhan di Indonesia,” ujarnya di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016).

Oleh karena itu, Mendagri meminta Soni Sumarsono bisa turun ke lapangan bersama-sama dengan Kepolisian, TNI, berdialog dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan partai politik, pimpinan ormas dan seluruh tim kampanye.

“Dialog dengan elemen masyarakat itu perlu dilakukan supaya Pilkada DKI berjalan demokratis, dan hak politik warga DKI tersalurkan dengan baik,” tegasnya.

Di sisi lain, Pemerintah yakin, pelaksanaan Pilkada mendatang bisa lebih baik dari sebelumnya. Mendagri menilai, KPU sekarang sudah sangat berpengalaman, dan Bawaslu objektif dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu, Mendagri juga mengapresiasi peran Badan Intelijen Negara, Kejaksaan, Polri dan TNI dalam mengamankan Pilkada 2015 di 269 daerah.

Seperti diketahui, tahun depan, Pilkada serentak bakal digelar di 101 daerah di Indonesia. (rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs