Kamis, 25 April 2024

Menteri Hukum dan HAM Bahas Kewarganegaraan Ganda di Swiss

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Yasonna Laoly Menteri Hukum dan HAM membahas masalah kewarganegaraan ganda dalam pertemuan dengan diaspora dan masyarakat Indonesia di Wisma Duta Kedutaan Besar Indonesia di Bern, Swiss.

Pertemuan yang diikuti 50 undangan perwakilan ormas yang ada di Swiss berlangsung sangat serius dan menarik, demikian Eva Reinhard Perwakilan Jaringan Kebaikan Indonesia divisi luar negeri kepada Antara London, Kamis (6/10/2016).

Linggawati Hakim Duta Besar Indonesia untuk Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein hadir dalam diskusi itu.

Laoly ada di Jenewa untuk menghadiri General Assembly yang ke-56 World Intellectual Property Organization (WIPO).

Laoly menyampaikan situasi perkembangan di dalam negeri dari berbagai sektoral yang sudah mulai menuju ke arah lebih bagus, selain beberapa reformasi yang perlu dilakukan di berbagai bidang, antara lain reformasi penegakan hukum/peradilan, budaya taat hukum dan reformasi hukum.

Kewarganegaraan ganda menjadi tema diskusi yang sangat menarik dalam pertemuan tersebut setelah Laoly memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia yang ada di luarnegeri dan juga diaspora mengajukan pertanyaan.

Berangkat dari Archandra Tahar kasus mantan menteri ESDM dan Gloria Natapradja Hammel. Juga pernikahan dari pasangan perkawinan campuran berakhir di tengah jalan, anak yang menjadi korban, yang berakibat sangat buruk kepada orang Indonesia.

Ini karena tidak ada perjanjian bilateral antara Indonesia dengan negara-negara lain yang memberikan perlindungan penuh kepada pemegang paspor Indonesia dalam kancah hukum internasional. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs