Senin, 20 Mei 2024

Mulai Hari Ini, BI Terima Penukaran Uang Baru 10 Lembar Per Orang

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Happy Yulia warga Gubeng Surabaya yang menukarkan uang baru di Bank Indonesia Jawa Timur. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Bank Indonesia menerima penukaran uang baru semua pecahan dengan jumlah penukaran 10 lembar uang per orang.

Hal ini dilakukan usai Bank Indonesia melakukan sosialisasi terkait peluncuran uang baru yang telah dilakukan pada Senin (19/12/2016).

Uang pecahan yang bisa ditukarkan antara lain Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000. Sedangkan pecahan rupiah logam Rp500, Rp200 dan Rp100.

Budi Widihartanto Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Jatim mengatakan, terkait rencana pengedaran uang baru emisi tahun 2016 pada masyarakat memang masih relatif sangat terbatas. “Tapi dalam waktu yang tidak terlalu lama nanti, kita akan mendistribusikan uang baru ini pada perbankan di seluruh wilayah di Jatim,” kata Budi pada suarasurabaya.net.

Untuk saat ini, kata dia, Bank Indonesia lebih menekankan pada sosialisasi uang baru ini pada masyarakat. “Kami berharap masyarakat bersabar saja karena uang-uang ini akan dishare ke seluruh masyarakat di berbagai daerah. Dan perlu diketahui bahwa uang yang baru ini dari semua jenis pecahan,” ujar dia.

Sementara itu, Hestu Wibowo Kepala Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Bank Indonesia Jatim mengatakan, uang lama masih tetap berlaku sehingga masyarakat tidak perlu tergesa-gesa untuk menukarkan uang baru.

“Kami mohon maaf kalau belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat karena untuk penukaran uang baru memang masih terbatas karena stoknya masih terbatas,” katanya. (dwi/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs