Sabtu, 4 Mei 2024
Operasi Barang Impor Gelap

Mulai dari Airshoft Gun Sampai Sex Toys Disita Bea dan Cukai Jatim

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Bea Cukai Jatim berhasil menyita barang selundupan dari berbagai daerah. Mulai dari Airshoft Gun, rokok tanpa cukai hingga sex toys diamankan. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Bea Cukai Jatim berhasil menyita barang selundupan dari berbagai daerah. Mulai dari Airshoft Gun, rokok tanpa cukai hingga sex toys diamankan.

Heru Pambudi Direktur Jenderal Bea dan Cukai mengatakan, penindakan ini hasil dari 6 kantor Bea dan Cukai di Jatim, yakni kantor wilayah, Tanjung Perak, Pasuruan, Sidoarjo, Bojonegoro, dan Madura.

Heru mengatakan, rokok ilegal dengan pita bekas dan polos ini ditemukan merata di Jatim. “Ini hasil operasi mulai Januari hingga Mei 2016,” ujarnya, Jumat (3/6/2016).

Dari pelabuhan dan bandara, Kepabeanan juga menyita puluhan Airshoft Gun dari berbagai jenis dan sudah identik dengan senjata api asli.

“Airsoft Gun ini seperti dikatakan Kapolres Tanjung Perak, bukan lagi mirip tapi hampir identik. Senjata api ini bisa berfungsi seperti aslinya. Ini harus diantisipasi untuk menanggulangi terorisme,” katanya.

Bea Cukai juga mengamankan banyak sirip ikan hiu yang akan diekspor ke berbagai negara. Heru berharap masyarakat ikut berperan aktif membantu memberantas barang ilegal dengan melaporkan ke pihak berwajib.

“Pabrik rokok ilegal sebaiknya segera berhenti. Pabrik yang legal biar berkembang karena ada pemasukan pajak ke Negara dan diperuntukkan untuk rakyat,” katanya.

Sejata impor disita Bea Cukai sebanyak tiga dus karton Airshoft Gun jenis FN dan revolver serta 9 Airshoft Gun laras panjang. Selain itu juga ada 12 anak panah dan 6 pisau. dia juga mengimbau semua pabrik rokok ilegal segera berhenti.

Sebanyak 11 ribu botol minuman jenis Soju dari Korea juga diamankan. Bahkan, 11 sex toys juga ikut diamankan karena tidak berdokumen.(bid/ipg)

Teks Foto:
– Heru Pambudi Direktur Jenderal Bea dan Cukai menunjukkan satu diantara barang sitaan.
Foto: Abidin suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs