Senin, 6 Mei 2024

Natal 2016, UK Petra Tampilkan Pohon Natal Ban

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pohon Natal di perpustakaan UK Petra Surabaya ini terbuat dari rangkaian ban. Foto: Totok suarasurabaya.net

Memeriahkan Natal 2016, Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menampilkan Pohon Natal yang terbuat dari rangkaian ratusan ban atau roda motor yang ditempatkan di perpustakaan UK Petra Surabaya sampai 15 Januari 2017 mendatang.

Ban-ban itu, yang diantaranya adalah ban mobil memiliki ukiran pada tiap bagiannya, sehingga memberikan kesan semakin indah. Secara simbolis ukiran pada ban mobil itu punya makna agar mempunyai daya cengkeram yang kuat sehingga tidak mudah tergelincir, sebagaimana iman dalam kehidupan manusia.

Bukan sekedar hiasan biasa, tetapi sebagai simbol bahwa pegangan hidup yang kokoh sangat dibutuhkan manusia demi mencapai keselamatan.

Pengharapan manusia akan keselamatan juga digambarkan dari sifat ban, yang bila makin lama dipakai makin menipis maka perlu diperbarui. Pengharapan manusia pun sering kali menipis akibat kejenuhan, sehingga memerlukan pembaharuan dengan refleksi serta introspeksi diri, salah satunya melalui peringatan kelahiran Yesus Kristus sang Juru Selamat.

Sifat dari kasih Kristiani yang tak memegahkan diri dan rela berkorban juga tergambar dari keberadaan ban, selalu di bagian paling bawah dari kendaraan yang membuat badannya akan habis tergerus demi tugas memikul seluruh penumpang agar sampai ke tujuan dengan selamat.

Setiap lekuk ukiran pada badan ban tampak dengan jelas terlihat di pohon natal yang dipercantik dengan warna cat emas. Tak lupa juga dilengkapi dengan hiasan-hiasan natal agar semakin meriah.

“Pohon natal unik ini dirancang dan dibuat oleh dosen UK. Petra bernama Ir. Titien Wahono. Setiap detail dalam rancangan ini memiliki arti yang mendalam. Pohon natal ban ini mencerminkan kehidupan umat Kristiani di dunia yang disadari tiga hal yaitu iman, pengharapan dan kasih,” terang Dian Wulandari, S.IIP., Kepala Perpustakaan UK. Petra Surabaya, pada wartawan, Rabu (14/12/2016).(tok/st)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs