Minggu, 24 Januari 2021

Natal dan Tahun Baru PMI Surabaya Tetap Layani Masyarakat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Layanan donor darah dan distribusi darah tetap dilakukan saat Natal dan tahun baru. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya dijadwalkan tetap menyiagakan sejumlah petugas dimalam Natal 2016 dan malam pergantian tahun baru 2017 bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kami juga tetap membuka layanan untuk donor darah. Masyarakat yang ingin donor darah pada malam Natal atau pada malam pergantian tahun, kami tetap menyiagakan sejumlah petugas. Tidak hanya layanan pengambilan darah saja,” kata Agung Tri Jutanto humas UTD PMI Surabaya.

Menurut Agung, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, rumah sakit adalah institusi yang tetap membutuhkan darah disaat malam Natal atau malam pergantian tahun. Hal ini dikarenakan, terjadinya penanganan-penanganan layanan rumah sakit.

“Kalau misalnya ada operasi terhadap pasien, dan membutuhkan darah, maka PMI menjadi jujugan. Oleh karena itu layanan tetap kami lakukan. Tidak mungkin ditunda lagi, dan kami tetap akan melayani kebutuhan darah,” ujar Agung pada suarausrabaya.net, Jumat (23/12/2016).

Layanan kepada masyarakat untuk distribusi darah maupun untuk layanan donor darah, lanjut Agung dipastikan buka selama 24 jam, meskipun bertepatan dengan hari libur dan akhir tahun.

Sementara itu, guna menjaga ketersediaan stok darah dan menjaga stok agar tidak sampai kosong, maka UTD PMI Surabaya sudah melakukan beberapa strategi diantaranya adalah tetap membuka layanan saat hari libur.

Sedangkan untuk menjaga sterilitas perolehan darah di kantor UTD PMI Surabaya, maka prosedur yang sudah ada dan wajib dijalankan, tidak dapat ditawar-tawar lagi.

“Sesuai prosedur yang ada. Screening pemeriksaan setiap bags darah tetap dilaksanakan,” kata Agung.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pak Nunut Pak …

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya
Minggu, 24 Januari 2021
27o
Kurs