Jumat, 29 Maret 2024

Omzet Penjualan Bendera Merah Putih di Jagir Menurun

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Produsen Bendera Merah Putih di Jalan Jagir Surabaya, Senin (15/8/2016). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-71, omzet penjualan Bendera Merah Putih di Jalan Raya Jagir, yang merupakan sentral penjualan bendera di Kota Surabaya, turun sebesar 25 persen dibanding tahun 2015.

Luluk, seorang penjual sekaligus pembuat bendera di stren Kali Jagir Surabaya mengatakan, omzet tahun 2015 mencapai Rp100 juta, sedangkan untuk tahun 2016 hanya sekitar Rp75 juta.

“Pemesanan tetap banyak, iya menghabiskan 100 rol kain bendera. Tapi, penjualan menurun 25 persen, dibanding tahun kemarin,” kata Luluk kepada suarasurabaya.net, Senin (15/8/2016).

Dia menjelaskan, pemesanan pembuatan bendera meningkat karena banyaknya pedagang yang menjual bendera di pinggir jalan.

“Bendera Merah Putih ini kan orang lebih banyak membeli di sini (Jalan Jagir, red). Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sekarang banyak orang membeli kemudian dijual lagi. Jadinya banyak pedagang dan pendapatan menurun,” ujar perempuan berusia 44 tahun tersebut.

Secara terpisah, Arif seorang penjual bendera dan aksesori Merah Putih di Jalan Raya Jagir mengatakan, tahun ini omzetnya juga menurun.

Hal itu disebabkan menjamurnya pedagang yang menjual aksesoris dan bendera merah putih. Biasanya mendekati perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus banyak pembeli, tapi sekarang sepi.

“Tahun kemarin, sehari bisa sekitar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. Sekarang sehari hanya mendapat Rp1 juta. Ini dikarenakan banyak pedagang yang menjual bendera dan aksesorisnya,” kata Arif.

Harga eceran bendera di Jalan Raya Jagir adalah ukuran 60 x 90 harganya Rp20 ribu, ukuran 80 x 120 harganya Rp25 ribu, sedangkan untuk ukuran 90 x 135 harganya Rp35 ribu.

Jika pembeli membeli satu kodi, berisikan 20 bendera, maka akan mendapatkan potongan Rp500 untuk tiap bendera (segala ukuran). (bry/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs