Rabu, 1 Mei 2024

Operasi Gaktibplin Digelar Menyasar Prajurit Marinir

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Operasi Gaktibplin digelar karena prajurit Marinir juga harus disiplin. Foto: Dispen Kormar

Mengurangi pelanggaran yang dilakukan prajurit, Batalyon Howitzer-1 Marinir gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Kamis (1/12/2016). Prajurit Marinir wajib disiplin.

Kegiatan yang langsung dipimpin Pejabat Sementara (Pjs) Pasi Intel Lettu Mar Iswanto tersebut dimulai pukul 05:30 WIB dengan mengarahkan seluruh anggota yang tiba di batalyon membawa kendaraannya di lapangan apel, kemudian dilakukan pemeriksaan oleh anggota Provos dan anggota Staf-1 (intel).

Lettu Marinir Iswanto menyampaikan, target operasi Gaktibplin tidak semata-mata mencari jumlah pelanggaran anggota tetapi sebagai bentuk tanggung-jawab selaku penegak hukum dan disiplin di lingkungan Batalyon Howitzer-1 Marinir

Untuk menertibkan dan mendisiplinkan anggota yang mengendarai kendaraan baik roda dua maupun roda empat agar tidak melakukan pelanggaran baik secara administrasi maupun secara fisik, maka operasi Gaktibplin digelar.

Sasaran operasi Gaktibplin, lanjutnya, meliputi pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor dinas maupun pribadi.

Mulai dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM) umum maupun militer serta surat-surat kelengkapan lainnya seperti Surat izin keluar basis, ksatrian dan Kartu Tanda Anggota (KTA) TNI.

“Operasi Gaktibplin ini dilaksanakan rutin oleh Provos dan dibantu Staf Intel, sesuai program kerja Provos Yon How-1 Mar Triwulan IV Tahun 2016, bertujuan meningkatkan disiplin, loyalitas, moralitas dan kepatuhan hukum prajurit Batalyon Howitzer-1 Marinir,” kata Lettu Mar Iswanto.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs