Kamis, 16 Mei 2024

Panglima Angkatan Bersenjata Turki Selamat Pasca Percobaan Kudeta

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Militer turki saat memblokir akses Jembatan Bosphorus, Jumat (15/7/2016) waktu setempat. Foto : abcnews.go.com

Pasukan keamanan Turki pada Sabtu (16/7/2016) berhasil menyelamatkan Jenderal Hulusi Akar Panglima Angkatan Bersenjata Turki. Pasukan itu membawanya ke tempat yang aman dalam sebuah operasi di Ankara, pasca-percobaan kudeta, demikian laporan jaringan televisi CNN di Turki.

Operasi yang diluncurkan di Pangkalan Udara Akinci, barat laut ibu kota, berhasil menyelamatkan Jenderal Hulusi Akar, seperti dilansir Antara. Laporan sebelumnya menyebutkan, bahwa dia disandera di awal percobaan kudeta pada Jumat (15/7/2016) waktu setempat.

Sementara itu, puluhan personel angkatan bersenjata Turki diringkus di seluruh negeri setelah terlibat dalam percobaan kudeta. Pemerintah Turki menuding aksi ini didalangi para pendukung ulama Fethullah Gulen yang berbasis di Amerika Serikat, menurut lansiran kantor berita pemerintah Turki, Anadolu.

Sebanyak 754 personel angkatan bersenjata Turki ditangkap atas keterlibatan dalam kudeta itu. Seorang pejabat pro-pemerintah Turki di bawah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa 29 kolonel dan lima jenderal dicopot dari jabatannya.

Kantor berita AFP juga mengabarkan Sedikit-dikitnya 60 orang tewas dalam pergolakan tersebut. (ant/tit)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs