Jumat, 29 Maret 2024

Pasca Kebanjiran, Jalur Beji-Bangil Mulai Lancar Kembali

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Ilustrasi, jalan berlubang di rel kereta api. Foto : aktual.com

Ipda Gede Sukana Kanit Patroli Polres Pasuruan mengatakan, jalur Beji hingga Bangil Pasuruan saat ini sudah bisa kembali dilalui lagi oleh kendaraan setelah banjir menggenangi kawasan tersebut. Banjir di kawasan itu, merupakan dampak dari hujan yang terus turun hingga Sabtu (17/12/2016) pagi.

“Memang hujannya baru reda tadi Subuh. Selain itu, kendala kami juga karena akibat luberan air dari daerah pegunungan di sepanjang jalur Beji-Bangil Pasuruan,” kata Ipda Gede Sukana kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (17/14/2016).

Menurutnya, imbas surutnya air sekitar pukul 03.00 dini hari, banyak pengemudi truk besar ketiduran di jalur utama tersebut yang menghambat arus lalu lintas di sana.

“Mungkin karena terlalu capeknya, pengemudi truk besar arah timur sempat ketiduran. Dampaknya, menghambat jalur yang ada di belakangnya,” ujarnya.

Akibatnya, katanya, dia bersama dengan petugas kepolisian yang lain membangunkan sopir truk dari satu truk ke truk yang lain, agar segera melanjutkan perjalanan.

“Pukul 06.00 WIB arus lalu lintas sudah mulai lancar. Genangan di jalur utama juga sudah tidak ada lagi.,” katanya.

Meskipun begitu, dampak dari banjir, kata Ipda Gede, muncul menghambat lalu lintas. Dia mengatakan, hambatan itu berupa banyak jalan yang berlubang di Gempol dan di lintasan kereta api Latek, Bangil, Pasuruan.

“Lubang di sepanjang jalur lintasan kereta ini mengganggu lalu lintas. Karena akibat lubang tersebut, paku penyangga rel muncul dan menyebabkan banyak roda kendaraan bocor. Akibatnya, banyak kendaraan yang menurunkan kecepatannya sebelum melintas jalur tersebut agar tidak terkena paku penyangga,” katanya.

Untuk itu, katanya, pembersihan kayu yang menghambat jalur lintas akibat terendam semalaman dan paku di jalur kereta dilakukan bersama warga sekitar. Ipda Gede juga mengatakan, dirinya sudah menghubungi pihak PT KAI untuk berkoordinasi lebih lanjut.

“Saat ini, masih kami koordinasikan dengan pihak PT KAI perihal lubang di rel kereta ini,” katanya. (tit/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs