Jumat, 26 April 2024

Pemerintah Bangun Pelabuhan Laut Selatan di Trenggalek

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi. Foto : pbase.com

Pemerintah segera merealisasikan pembangunan Pelabuhan Prigi yang ada di pesisir laut Selatan Trenggalek. Pelabuhan Prigi merupakan bagian dari paket percepatan pembangunan pesisir selatan selain pembangunan Jalan Lintas Selatan dan pembangunan Bandara Purboyo di Malang Selatan.

“Rencana ini sudah lama, beberapa waktu lalu saya sudah ketemu Pak Menteri PU dan ini akan dipercepat,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, Senin (7/3/2016).

Menurut dia, dengan adanya dermaga besar di Trenggalek, diharapkan akan mempermudah arus barang keluar masuk ke Jawa Timur khususnya dari pantai selatan tidak perlu lagi ke Tanjung Perak.

Selain itu hasil ikan tangkapan para nelayan di pesisir selatan juga akan semakin mudah untuk didistribusikan.

“Ini juga untuk mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Batubara di Pacitan. Selama ini Batubara sulit masuk karena tidak ada pelabuhan besar di Pantai Selatan,” ujarnya.

Sementara itu, pembangunan Pelabuhan Prigi sendiri diharapkan bisa selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan Jalan Lintas Selatan yang akan mulai nyambung dari Pacitan hingga Banyuwangi pada 2019 mendatang. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs