Senin, 20 Mei 2024

Pemkot Surabaya Dapat Undangan Pamerkan Taman di Tiongkok

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Wisnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya menyambut kedatangan rombongan delegasi Kota Naning, Tiongkok yang dipimpin oleh Zhang Wei Wakil Wali Kota Naning, Selasa (20/12/2016). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Delegasi Pemerintah Kota Nanning, Tiongkok berkunjung ke Balai Kota Surabaya, Selasa (20/12/2016). Mereka menyampaikan secara langsung undangan mengikuti pameran taman internasional kepada Pemkot Surabaya yang akan digelar di Kota Nanning, Tiongkok pada 2018 mendatang.

Delegasi Nanning yang dipimpin Zhang Wei Wakil Wali Kota Nanning, yang juga member The Standing Committe CPC Nanning Minucipal Committe, diterima oleh Wisnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya.

“Mereka datang untuk menyampaikan undangan mengajak kita ikut berpartisipasi dalam pameran taman internasional yang digelar di Nanning tahun 2018 nanti. Tentu akan kami sampaikan kepada ibu wali kota, bagaimana kebijakan beliau. Selain itu, kalau ke luar negeri perlu ada persetujuan DPRD,” kata Wisnu usai pertemuan itu.

Wisnu mengatakan, Pemkot Nanning menginginkan 10 negara ASEAN ikut berpartispasi dalam pameran taman internasional itu. Surabaya terpilih untuk mewakili Indonesia.

“Kenapa Surabaya? Karena mereka tahu soal taman, di Indonesia ini, yang paling bagus di Surabaya. Apalagi kita punya Taman Bungkul yang pernah mendapatkan penghargaan internasional,” ujar Wakil Wali Kota Surabaya ini.

Wawali menyebut undangan pameran taman internasional itu menarik. Dia mengakui, secara prinsip dia tertarik. Menurutnya, pameran taman internasional sejalan dengan semangat Pemkot Surabaya untuk terus mengembangkan taman di Surabaya dengan konsep lebih bagus lagi.

“Kami ingin terus mengembangkan taman. Ikut dalam pameran internasional tentu akan menambah wawasan bagi DKP. Apalagi, ibu wali kota bercita-cita membangun taman internasional di Keputih. Dengan turut berpartisipasi di pameran ini, bisa menginspirasi pengembangan taman di Surabaya. Tapi, kami menunggu kebijakan beliau (wali kota),” katanya.

Zhang Wei Wakil Wali Kota Nanning berharap, hubungan Kota Nanning dengan Surabaya ke depan tidak hanya dalam hal pameran taman internasional. Dia berharap hubungan kedua kota berlanjut dalam bentuk Sister City.

“Nanning dan Surabaya, secara geografis keadaan kota masing-masing memiliki kemiripan. Kami ingin menjalin kerja sama lebih erat dengan Surabaya di berbagai bidang dalam bentuk Sister City,” ujar Zhang Wei.

Gu Jingqi Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya, yang sudah sebulan tinggal di Surabaya, mengaku nyaman dengan keindahan Kota Surabaya dengan banyak taman.

Menurutnya, kondisi Surabaya yang hijau seperti di Kota Nanning. “Kota ini terbaik dengan wali kota terbaik. Saya berharap hubungan dua kota bisa ditingkatkan,” katanya.

Kerja sama Sister City bukan hal baru bagi Surabaya. Selama ini, Surabaya sudah menjalin kerja sama Sister City dengan beberapa kota di Tiongkok. Salah satunya Kota Guangzhou.

Turut hadir dalam rombongan delegasi Nanning, Peng Jiang Director Nanning Foreign Affairs and Overseas Chinese Affairs Office, He Jianshuang Director Nanning Taiwan Affairs Office, serta Gu Jingqi Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya.

Sementara turut menyambut para delegasi dari Nanning, Dewi Wahyu Wardhani Kabag Kerja Sama Pemkot Surabaya.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs