Selasa, 21 Mei 2024

Pemkot Surabaya Hadiahkan Beasiswa 66 Anak Pasukan Kuning

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pesta Cak Koen IX di Taman Surya, Minggu (25/9/2016). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pesta tahunan bagi tenaga operasional Pemkot Surabaya yang ke-9 digelar di Taman Surya Pemkot Surabaya. Pesta Cak Koen ini sedikitnya diikuti 11 ribu petugas operasional mulai dari petugas kebersihan pedestrian, makam, toilet, dan taman.

Mereka berpesta dengan menerima bingkisan dari Pemkot Surabaya di Taman Surya, Minggu (25/9/2016).

Tri Rismaharini Walikota Surabaya mengatakan, pesta Cak Koen yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kepada para pekerja lapangan yang selama ini telah bekerja keras untuk Kota Pahlawan.

“Terima kasih atas bantuannya selama ini telah bekerja keras selama 24 jam. Terima kasih juga kepada para donatur yang telah memberikan bantuan untuk petugas lapangan,” ujar Risma dalam sambutannya.

Risma juga memotivasi para pekerja lapangan untuk tetap menjaga semangat kerja dan tidak menyerah pada nasib. Dengan semangat kerja itulah, akan menjadi jalan bagi para pekerja lapangan untuk bisa membawa anak-anak mereka menjadi lebih baik. Selaras dengan pesan agenda ini “Pesta Cak Koen untuk Surabaya Lebih Baik”.

“Tuhan akan memberikan jalan bagi siapapun yang ingin berhasil. Kalau sekarang bapak nya tukang sapu, anak-anaknya harus jadi pintar. Anak-anaknya harus berhasil. Apalagi sekolah sudah gratis,” katanya.

Selain pembagian sembako, pesta Cak Koen juga memberikan beasiswa bagi 66 anak keluarga petugas lapangan. Rinciannya, untuk SD Rp600 ribu, SMP Rp900 ribu, SMA Rp1,2 juta, Mahasiswa Rp1,5 juta per semester.

“Beasiswa ini untuk yang berprestasi. Nilai rapor dicek terus, kalau turun nilainya tidak dikasih lagi,” katanya.

Dalam acara itu, Risma mengapresiasi semua petugas lapangan dan juga tugas mulia mereka. Mulai dari pasukan kebersihan yang membersihkan ruas jalan dan pedestrian, pasukan yang menangani saluran air dan pengerukan selokan/sungai, penjaga makam, petugas dari Dinas Perhubungan, Linmas, Satpol PP, pemadam kebakaran, petugas Dinas Pertanian yang mendampingi nelayan dan petani, petugas Dinas Sosial yang sehari-hari merawat orang gila dan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

“Mereka inilah yang menjaga kebersihan kota. Ada juga yang setiap hari keliling memantau penerangan jalan umum (PJU) di jalan dan memperbaiki bila ada PJU yang rusak agar jalan tidak gelap,” katanya. (bid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
32o
Kurs