Senin, 29 April 2024

Pemudik Kapal Laut Diperkirakan Tak Ada Kenaikan Signifikan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ribuan penumpang kapal ini berasal dari Indonesia Timur, masuk ke Pulau Jawa untuk merayakan hari raya tahun 2014 lalu bersama keluarga. Foto : Dok.suarasurabaya.net

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memperkirakan jumlah pemudik dengan kapal laut pada lebaran tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pemudik kapal laut juga masih akan didominasi para pekerja sektor informal seperti para pekerja perkebunan.

“Saya prediksi masih stabil dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Edi Priyanto, Kepala Humas PT Pelindo III, Rabu (8/6/2016).

Dari data yang dimiliki PT Pelindo III, jumlah pemudik (naik dan turun) menggunakan kapal laut yang melalui pelabuhan yang dikelola Pelindo III sejak H-15 hingga H+15 pada masa angkutan Lebaran 2011 tercatat sebanyak 462.581 penumpang.

Pada tahun 2012 jumlah pemudin sebanyak 416.732 penumpang dan pada tahun 2013 sebanyak 495.215 penumpang. Pada tahun 2014 sebanyak 482.144 penumpang dan pada tahu 2015 sebanyak 512.638 penumpang.

Angkutan mudik dan balik lebaran angkutan laut kali ini akan dimulai sejak H-15 hingga H+15 lebaran. “Kami juga sudah menyiapkan 13 terminal penumpang di tujuh provinsi untuk mengntisipasi angkutan lebaran,” kata Edi.

Terminal laut yang disiapkan tersebar di tujuh provinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Khusus Jawa Timur, terminal yang disiapkan terbagi di tiga daerah yaitu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Gresik, dan Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi.

Untuk mengantisipasi membludaknya pemudik, Pelindo juga segera memasang tenda tambahan dan menyediakan toilet tambahan pada beberapa terminal penumpang yang tersebar di tujuh provinsi tersebut.

Selain itu, posko terpadu di setiap terminal penumpang juga akan didirikan. Posko terpadu ini akan dikoordinir otoritas pelabuhan dengan melibatkan gabungan personel lainya mulai dari kepolisian, TNI, operator terminal, operator kapal, serta tenaga medis. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs