Senin, 29 April 2024

Penderita HIV/AIDS Lebih Banyak Kalangan Ibu Rumah Tangga Daripada PSK

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Kampanye Peduli HIV/AIDS di Grahadi dihadiri Nila S Moeloek Menkes, Soekarwo Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf Wagub Jatim, Mayjen TNI I Made Sukadana Pangdam V Brawijaya, Irjen Pol Anton Setiadji Kapolda Jatim. Foto: Taufik suarasurabaya.net

Penderita HIV/AIDS lebih banyak ibu rumah tangga daripada penderita dari kalangan PSK. Pernyataan ini disampaikan Nila S Moeloek Menteri Kesehatan dalam sambutan kampanye Hari HIV/AIDS Sedunia yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (1/12/2016).

Menurut Menkes, HIV/AIDS bisa menular pada siapapun sehingga kepedulian dan kewaspadaan harus terus ditingkatkan.

Dari data yang dimiliki, jumlah ibu rumah tangga penderita HIV/AIDS ternyata mencapai 10 ribu lebih. Padahal kasus yang diderita oleh PSK ternyata hanya 2 ribuan.

Berdasarkan data ini, bisa disimpulkan bahwa penderita ibu rumah tangga ternyata lebih banyak dibandingkan kasus yang dialami PSK.

Tingginya jumlah penderita HIV/AIDS oleh ibu rumah tangga ini juga sebanding dengan penularan HIV/AIDS di Indonesia yang 66 persen lebih berasal dari heteroseksual. Kemudian penularan melalui jarum suntik hanya sekitar 11 persen. Penularan melalui homoseksual hanya mencapai 3 persen sama dengan penularan dari ibu ke anak.

Menurut Menkes, kalau bapak-bapak membawa virus HIV/AIDS ke rumah, maka bisa dipastikan pasangannya juga akan tertular.

Sementara itu, kampanye peduli HIV/AIDS di Grahadi kali ini dihadiri lebih dari 1.000 undangan baik dari TNI/Polri serta keluarga TNI/Polri maupun perwakilan dari PNS.

Selain dihadiri Nila S Moeloek Menteri Kesehatan, kampanye ini juga dihadiri Soekarwo Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf wakil Gubernur Jawa Timur, Mayjen TNI I Made Sukadana Panglima Kodam V Brawijaya, Irjen Pol Anton Setiadji Kapolda Jatim serta beberapa Forpimda lainnya.

Di tengah kampanye peduli HIV/AIDS ditampilkan sendra tari yang menggambarkan kesetiaan prajurit Majapahit pada pasangannya, marching band dari Akademi Angkatan Laut. (fik/dwi/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs