Minggu, 19 Mei 2024

Pengembangan Bandara Trunojoyo Sumenep Selesai September 2016

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi Bandara Internasional Juanda. Foto: dok suarasurabaya.net

Mohammad Fadillah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep mengatakan, perpanjangan dan pelebaran landasan pacu dan pembangunan pelataran parkir (apron) pesawat sudah hampir selesai. Pemerintah Kabupaten Sumenep menargetkan, September 2016 pengerjaannya sudah selesai.

Kata Fadil, hal ini ditargetkan akan selesai pada bulan depan, namun landasan pacu tersebut tidak bisa langsung dioperasikan. Karena harus menunggu hasil verifikasi yang akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan apakah sudah layak untuk dioperasikan atau tidak. Verifikasi ini nantinya akan dilakukan pada bulan November 2016.

Fadil mengatakan jika Bandara sudah selesai diverifikasi dan dinyatakan layak untuk dioperasikan, kemungkinan awal 2017 sudak ada maskapai baru yang akan beroperasi. Yaitu Garuda dengan menggunakan pesawat ATR 72. Penerbangan komersial tersebut, juga akan melayani rute luar Pulau Jawa seperti Kalimantan dan Bali.

Mery dari Radio Nada Sumenep dalam jaring radio suara surabaya Jumat (19/8/2016) melaporkan, awalnya landasan pacu Bandara Trunojoyo hanya memiliki panjang 1.130 meter dengan lebar 23 meter.

Namun setelah dikembangan, panjang landasan pacu menjadi 1.600 meter dan lebarnya 30 meter. Dengan dana pengembangan yang berasal dari Kementerian Perhubungan sebesar 33,7 Milyar. (zha/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs