Selasa, 30 April 2024

Penuhi Pasokan Minyak Dalam Negeri, Pertamina Segera Bangun Kilang Tuban

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
(kiri) Soekarwo, Gubernur Jawa Timur berbincang dengan Dwi Soetjipto, Direktur Utama PT Pertamina, di Grahadi, Senin (11/4/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Pembangunan kilang minyak yang ada di Tuban ditargetkan bisa rampung pada tahun 2021 sehingga target Indonesia mampu memenuhi kebutuhan minyak bumi dalam negeri pada tahun 2025 diharapkan bisa terpenuhi.

Dwi Soetjipto, Direktur Utama PT Pertamina, mengatakan hal ini ketika bertemu dengan Soekarwo, Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/4/2016) untuk membicarakan proses pembangunan Kilang Tubang.

Mantan Direktur Utama PT Semen Gresik ini mengatakan, rencana pembangunan kilang di atas lahan seluas 404 hektar ini memerlukan dana investasi sekitar US10 miliar dollar atau setara Rp120 triliun dengan joint venture dengan investor asing.

“Tahun ini kita menyelesaikan segala sesuatunya, baik partnershipnya maupun design. Sudah mulai ada investasi pendahuluan yang diperlukan untuk persiapan. Selanjutnya proyek ini akan jalan dan pada 2021 akan selesai serta beroperasi,” kata Dwi Soetjipto.

Menurut Dwi Soetjipto, dari beberapa kilang yang ada di Indoesia mampu menghasilkan 880 ribu barel per hari, sedangkan di Tuban ditargetkan mampu menghasilkan 300 ribu barrel sehingga total nantinya kilang di Indonesia akan mampu menghasilkan 1,2 juta barrel per hari.

“Kebutuhan Indoesia 1,5–1,6 juta barel per hari. Tahun 2025 targetnya Indonesia sudah bisa memenuhi kebutuhan sendiri,” kata Dwi Soetjipto.

Sementara itu Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengaku akan memberikan dukungan penuh bagi pembangunan Kilang Tuban ini. Menurut dia, pembangunan Kilang Tuban diharapkan juga mampu mengungkit pertumbuhan industri lain di sekitar Tuban.

“Pembangunan kilang ini merupakan prioritas, tapi karena Tuban merupakan bagian dari pengembangan industri, maka dengan dibangunnya Kilang Tuban diharapkan membantu mendorong daerah sekitar menjadi kawasan industri,” kata Soekarwo. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs