Senin, 29 April 2024

Penunjukan Johan Budi Jubir Presiden Sudah Tepat

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Johan Budi. Foto: Antara

Suko Widodo, pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya menilai, pengangkatan Johan Budi sebagai Juru Bicara (Jubir) Presiden sudah sangat tepat. Johan yang mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai memenuhi kriteria.

“Pengangkatan Johan Budi selaku Jubir Presiden merupakan pilihan yang tepat,” kata Suko dalam pesan singkat yang dikirimkan ke suarasurabaya.net, Selasa (12/1/2016).

Bahkan, kata Suko, keberadaan Johan bisa meningkatkan reputasi lembaga kepresidenan. Apalagi, Johan Budi memenuhi dua dari tiga syarat sebagai seorang komunikator.

Pertama, Johan dinilai memiliki trust di mata publik. Kedua, memiliki keahlian (expert) mengelola cara berkomunikasi dengan publik, khususnya kalangan media.

“Kelemahannya, ia kurang atraktif. Tetapi kelemahan ini justru sebagai pengimbang atau kontrol terhadap Pak Jokowi yang atraktif,” ujarnya.

Yang mungkin menyulitkan Johan Budi, kata Suko, adalah internal partai politik pendukung. Karena itu, sebagai Jubir Johan Budi perlu didukung tim komunikasi yang handal.

Sehingga Jubir bukan sekadar berbicara yang sifatnya defensif tetapi perlu dukungan data dan informasi akurat dari tim komunikasi. (fik/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs