Senin, 6 Mei 2024

Peraih Nobel Asal Amerika Akan ke Unair

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Robert F Engle, peraih nobel bidang ekonomi akan kunjungi Universitas Airlangga dan akan berdiskusi tentang ekonomi di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Akan ada kunjungan dari profesor Engle, peraih nobel ke Unair, dan kami menyiapkan kedatangannya pada Februari mendatang,” ujar Soekarwo, Gubernur Jawa Timur usai melakukan pertemuan dengan rombongan dari Unair, di Grahadi, Jumat (3/6/2016).

Soekarwo menjelaskan, profesor Engle adalah begawan ekonomi dunia, maka nantinya yang akan turut datang juga para ahli ekonomi Indonesia, seperti menteri perekonomian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ahli ekonomi lainnya. Maka kesempatan inilah yang akan dimanfaatkan oleh pemerintah Jawa Timur guna berdiskusi mengenai perekonomian Jawa Timur.

“Kami akan memanfaatkan, bahwa kunjungan ahli ekonomi dunia seperti itu biasanya kunjungan kenegaraan tapi saat ini kunjungan ke Unair maka kami akan perkenalkan tentang Jatim,” kata dia.

Sementara Muhammad Nasih, Rektor Unair mengatakan, pihanya mengajak provinsi Jawa Timur untuk memperkenalkan potensi apa saja yang ada di Jawa Timur. Apalagi tema yang diambil dalam pertemuan tersebut adalah tentang stabilitas yang nanti berpengaruh pada investasi.

Selain itu, karena acara akan bertaraf internasional maka akan ada beberapa media internasional yang yang turut meliput. Ini kesempatan bagi Unair dan Pemerintah Provinsi untuk memperkenalkan Jawa Timur lebih luas lagi.

Sekadar dikethaui, Profesor Robert Franklin Engle III, menerima penghargaa nobel dibidang ekonomi pada tahun 2003 silam. Dia bersama temannya Clive Granger membuat metode analisis rangkaian waktu ekonomi dengan vilatilitas yang berfariasi dengan waktu. Saat ini, Engle mengajar di Universitas New York Kalifornia di Fakultas Bisnis Stern. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs