Jumat, 3 Mei 2024

Perguruan Tinggi Jatim Dominasi Lima Besar Juara PIMNAS Ke-29

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tim PIMNAS ke-29 Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Foto: Unair

Perguruan tinggi di Jawa Timur mendominasi lima besar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 yang dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor (IPB). Universitas Brawijaya (UB) yang meraih juara I, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya meraih juara III dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih juara IV.

Pesta karya ilmiah mahasiswa terbesar di Indonesia tahun 2016 yang berakhir Kamis (11/8/2016) malam ini diikuti 145 perguruan tinggi se-Indonesia.

Dalam acara penutupan PIMNAS ke-29, Unair mengirimkan 21 tim dari seluruh kategori makalah program kreativitas mahasiswa (PKM). Tim Unair berhasil merebut 8 emas, 3 perak, dan 1 perunggu.

Dr. M. Hadi Subhan Direktur Kemahasiswaan Unair dan Agus Widiantoro, SH., M.Si., Ketua Kontingen Unair yang mengawal tim Unair hingga penutupan, menyatakan cukup puas meski harapan untuk memboyong Piala Adikarta Kertawidya masih belum tercapai, setidaknya target masuk tiga besar sudah tercapai.

PKM Unair yang menyabet emas di nomor presentasi dari tiga nomor PKM-PE (Penelitian Eksakta). Pertama berjudul “Paduan Hyaluronic Acid (HA) Polyethylene Glycol (PEG) Sebagai Injectable Hydrogel untuk Terapi Penderita Degenerasi Diskus Intervertebralis” yang dipresentasikan Cityta Putri dan tim. Kemudian di kelas 2, PKM-PE atas nama Inas Fatimah dan tim yang berjudul “Inovasi Durameter Artifisial Berbasis Selulosa Bakteri – Kolagen dengan Plasticizer pada Kasus Trauma Kepala”. Ketiga, adalah makalah Karina Dwi Saraswati dan tim yang berjudul “Studi In Vivo Poly-Lactid-co-glicolic-Acid (PLGA) dengan Coating Kitosan sebagai Selaput Penutup Organ Pencernaan untuk Aplikasi Kelainan Dinding Perut yang Terbuka”.

Ketiga tim penyabet emas nomor presentasi merupakan tim mahasiswa bimbingan Dr. Prihartini Widiyanti, drg., M.Kes.

Ada satu lagi emas nomor presentasi yang dipersembahkan Ulima Hapsari dan tim dengan makalah PKM – Kewirausahaan berjudul “PKM (Penutup Kompres Mata) Anti Kantong Panda”.

Sedangkan, di nomor poster, medali emas Unair dipersembahkan oleh PKM-K kelas presentasi-1 karya Indah Paraswati dan tim yang berjudul “Pemanfaatan Cangkang Kerang Simping (Placuna Placenta) sebagai Komoditi Usaha Pakan Ternak Unggas Non-Konvensional”. Satu lagi dari PKM-K (Kewirausahaan) kelas-2 oleh Erwin Candra dan tim dengan poster makalah berjudul “KUMAK: Kit Uji Merkuri dalam Air dan Kosmetik sebagai Cara Praktis Menguji Kandungan Merkuri dalam Kosmetik dan Air”.(iss/

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs