Jumat, 17 Mei 2024

Peringati Sumpah Pemuda Gelar Charity for Humanit

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Surabaya ajak bergembira anak-anak tuna grahita di Liponsos Kalijudan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Tak ingin memperingati Sumpah Pemuda hanya dengan sekedar upacara saja, siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, Jumat (28/10/2016) memilih menggelar kegiatan sosial bertajuk charity for humanity di lingkungan pondok sosial (Liponsos) Kalijudan, Surabaya.

Bergabung bersama sekurangnya 60 anak-anak Tuna Grahita, siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 menampilkan beberapa kegiatan. Mulai dari atraksi Pencak Silat, menyanyi diiringi grup band, belajar menari, hingga atraksi memanah.

Kepada adik-adik di Liponsos Kalijudan, para siswa kemudian duduk bersama membuat lingkaran dan menyaksikan atraksi pencak silat. Bahkan kepada anak-anak tuna grahita tersebut diberikan kesempatan untuk mencoba memukul dan menendang sansak yang dibawa satu diantara siswa.

Tawa riang menghiasi wajah-wajah anak-anak penghuni Liponsos Kalijudan siang itu. Beberapa diantara mereka maju dan mencoba memukul dan menendang sansak seperti yang diarahkan para siswa. Usai memukul dan menendang, anak-anak itu mengangkat tangan sambil tertawa lepas.

Saat kelompok band siswa SMP Muhammadiyah 2 mulai memainkan alat-alat musik diatas panggung, satu diantara anak-anak tuna grahita langsung ikut menyanyi. Dan komposisi Jangan Menyerah yang dipopulerkan DMassiv terdengar mengalun di aula Liponsos Kalijudan siang itu.

“Kami mendampingi keinginan siswa-siswi untuk mengenal dan melihat bagaimana aktivitas adik-adik yang menempati Liponsos Kalijudan ini. Mereka adalah tuna grahita yang memang butuh pendampingan. Kegiatan ini bagian dari peringatan Sumpah Pemuda,” ujar Firza Humarazan Humas SMP Muhammadiyah 2 Surabaya.

Lebih lanjut Firza menambahkan bahwa kegiatan sosial kali ini memang selain sebagai agenda rutin juga dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda. “Karena bagaimanapun anak-anak tuna grahita ini juga bagian dari pemuda,” ujar Firza pada suarasurabaya.net.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs