Selasa, 7 Desember 2021

Perlu Perjuangan dan Kesabaran untuk Mendapat Tiket Promo PT KAI

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
ilustrasi

Mulai hari ini, Sabtu (24/9/2016), PT.kereta Api Indonesia (KAI) menjual tiket murah sejumlah kereta kelas ekonomi, bisnis hingga eksekutif berbagai tujuan, untuk keberangkatan 27-29 September 2016.

Calon penumpang hanya perlu membayar Rp28.945 untuk mendapatkan tiket kereta jarak jauh dan menengah. Ini merupakan salah satu program promosi menyambut ulang tahun PT.KAI ke-71.

Minat masyarakat terhadap promo seperti ini tentu saja sangat tinggi, sehingga untuk mendapatkan tiket murah butuh perjuangan dan kesabaran.

Pantauan suarasurabaya.net, sejak promo tiket murah dibuka pukul 00.00 WIB, situs penjualan tiket online kereta api (tiket.kereta-api.co.id) tidak bisa diakses dari browser.

Hanya ada keterangan “Anda masuk daftar tunggu” dan tiga buah tautan, tiket1, tiket2 dan tiket3, yang juga tidak bisa diakses.

Masuk pukul 01.00 WIB, kami coba menggunakan aplikasi KAI Access. Awalnya memang agak susah untuk login. Tapi setelah beberapa kali mencoba, akhirnya bisa masuk.

Saat memesan tiket Kereta Sembrani kelas eksekutif Surabaya-Jakarta dari Stasiun Pasar Turi sampai Jatinegara untuk keberangkatan hari Rabu (28/9/2016), ternyata prosesnya terhenti saat memasuki pemesanan. Keterangan yang tampil di layar adalah “Pemesanan gagal”.

Sekitar pukul 03.00 WIB, kami kembali mencoba melakukan simulasi pemesanan kereta eksekutif lain tujuan Jakarta yang harganya Rp.28,945, seperti Argo Anggrek Pagi, Gumarang, dan Argo Anggrek Malam. Namun, hasilnya tetap gagal memesan.

Pukul 05.00 WIB, tiket kereta murah tujuan Jakarta kelas eksekutif ternyata sudah habis. Tiket Kereta Sembrani, Argo Anggrek, dan Gumarang harga promo “Sold”. Begitu juga untuk tanggal keberangkatan 29 September 2016 yang adalah hari terakhir promo tiket murah.

Setelah berkali-kali mencoba, akhirnya kami bisa memesan tiket Kereta Jayabaya kelas ekonomi tujuan Jakarta, pukul 06.00 WIB, dengan harga promo.

Menanggapi hal ini, Gatut Sutiyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya meminta maaf kepada masyarakat. Setelah dilakukan pengecekan ke Unit Komersial, tiket promo memang sudah dibuka atau sejak pukul 00.00 WIB tadi.

“Setelah dicek di Pusat tiket, promonya memang sudah habis mengingat tidak semua seat diberlakukan tiket promo,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (24/9/2016).

Ketersediaan tiket promo, kata Gatut, sangat terbatas dan disediakan secara acak di setiap gerbong rangkaian KA. “Bisa dicoba KA lain yang sama jurusannya, kemungkinan masih ada,” imbuhnya.

Daop 8 Surabaya sudah menyiapkan 17 kereta api dengan tujuan Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Banyuwangi. Informasi yang didapat Humas PT.KAI Daop 8 Surabaya, ketersediaan Tiket Promo untuk KA Argo Wilis sangat terbatas. Untuk tanggal (27/9/2016) hanya 35 seat, tanggal (28/9/2016) hanya 71 seat, dan tanggal (29/9/2016) hanya 35 seat. (rid/fik)

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
27o
Kurs