Jumat, 26 April 2024

Peserta Aksi Damai Terus Berdatangan di Masjid Istiqlal

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Peserta aksi damai yang sudah tiba di masjid Istiqlal. Foto: Farid suarasurabaya.net

Peserta aksi damai 4 November terus berdatangan di Masjid Istiqlal Jakarta sejak Kamis (3/11/2016) malam hingga Jumat (4/11/2016) siang ini.

Pantauan suarasurabaya.net, rombongan bus-bus yang membawa peserta aksi damai terus berdatangan sehingga menjadi konsekuensi bagi peserta aksi yang baru datang untuk mencari lokasi parkir.

Mobil-mobil kecil diperbolehkan parkir di halaman gereja Katedral yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Istiqlal.

Sebagian peserta aksi damai sudah masuk ke dalam masjid tapi tidak diperkenankan membawa atribut yang dibawa untuk aksi damai dan harus ditinggal di luar masjid.

Di masjid Istiqlal juga disiagakan penjaga untuk menghindari adanya politik praktis seperti yang disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal. Namun Imam Besar tidak melarang aksi damai diawali dengan sholat Jumat berjamaah di masjid Istiqlal.

Sementara itu, Jenderal Polisi Tito Karnavian Kapolri mengimbau agar peserta aksi damai bisa memahami dan jangan sampai terprovokasi.

Kata Tito, polisi telah memeriksa laporan dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok Gubernur DKI Jakarta. Setidaknya sudah ada 22 saksi yang diperiksa dan Ahok sendiri akan diperiksa Bareskrim pada Senin (7/11/2016) besok.

Hal ini, kata Tito, untuk meyakinkan publik bahwa polisi sudah bekerja menangani kasus yang menyedot perhatian publik ini.

Selain itu, Tito meminta pada peserta aksi damai untuk mematuhi aturan dan menjaga kesucian hari Jumat ini. (dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs