Kamis, 2 Mei 2024

Polisi Klaim Tidak Ada Antrean Panjang Arus Balik

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kemacetan di Pasar Lawang, Malang pada arus balik, Sabtu (2/1/2016). Foto: netter e100

Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono, Kepala Korps Lalu-lintas Kepolisian Indonesia, mengklaim tidak ada antrean kendaraan cukup panjang pada arus balik liburan akhir tahun.

“Ini sudah kelihatan dari hari Sabtu (2/1/2016), sudah kelihatan peningkatan volume. Saya pantau laporan dari seluruh wilayah, dari Jakarta tadi melaporkan, itu terpantau tidak ada antrean cukup panjang karena memang angkutan berat sudah tidak dioperasionalkan hari ini,” kata Kirono, di Stasiun Besar Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (3/1/2016).

Menurut dia, angkutan berat yang masih terlihat beroperasi dalam beberapa hari terakhir itu karena membawa sembako, susu murni, dan barang hantaran.

“Mungkin kalau kelihatan masih ada kontainer yang lewat itu memang diperbolehkan karena itu (membawa komoditas) ekspor-impor. Jadi tidak semua kontainer, ekspor-impor yang mendapatkan rekomendasi Dishub (Dinas Perhubungan) bisa dilewatkan,” jelasnya seperti dilansir Antara.

Kendati demikian, dia mengatakan, petugas di lapangan akan selalu melihat situasi dan kondisi arus kendaraan.

Oleh karena itu, kata dia, jika truk kontainer pembawa komoditas ekspor-impor dinilai mengganggu arus kendaraan, petugas akan menghentikannya lebih dahulu dan diperbolehkan jalan ketika lancar.

Ia mengatakan bahwa jalur-jalur yang dilarang dilalui kendaraan berat saat arus balik di antaranya jalan tol, jalur pantura, serta sejumlah ruas jalan di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Lampung yang sekiranya akan terhambat oleh mobilitas kendaraan tersebut.

“Kalau di daerah lain enggak ada larangannya,” katanya.(ant/iss/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs