Minggu, 5 Mei 2024

Printemps Francais Serentak Hadir di 10 Kota di Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Perhelatan tahun ini menyajikan 50 pertunjukan seni dan budaya yang beragam. Mulai dari musik klasik dan kontemporer, wayang, tari, sastra hingga arsitektur.

Printemps Francais 2016 hadir di 10 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bali, Balikpapan, Bandung, Makassar, Malang, Medan, Semarang, Surabaya dan Jogjakarta.

Tahun ini, kolaborasi antara seniman Prancis dan Indonesia, terwujud dalam pertunjukan Wayang Layang dan 2 konser yang mempertemukan musik Barat dengan musik Indonesia.

Di Surabaya, acara festival tahun ini dapat disaksikan Arek-arek Suroboyo dimulai pada Selasa (3/5/2016).

Sebagai pembuka festival di Surabaya, kelompok musik Renaisans asal Prancis dan maestro musik tradisi Sunda mempersembahkan karya kolaborasi mereka dalam pentas berjudul Musik dari Negeri yang Telah Hilang.

Doulce Memoire adalah ensambel yang memainkan musik jaman Renaisans. Musik Renaisans (1450-1600) berkembang di Eropa setelah musik Abad Pertengahan (476-1450) dan sebelum era musik Barok (1600-1750).

Melintasi jaman dan sejarah panjang, kelompok musisi Prancis, Doulce Memoire, berupaya melestarikan musik tradisi Eropa ini dan mengenalkan kembali ke masyarakat luas.

Sejalan dengan visi tersebut, mereka terbuka berkolaborasi dengan seniman tradisi dari negeri lainnya. Bertemulah visi yang sama dengan visi para maestro musik tradisi Sunda.

Pada 2015, Doulce Memoire melakukan tur di Indonesia untuk memperkenalkan musik istana Prancis dan pada kesempatan itu, mereka bertemu dengan sejumlah musisi tradisional Sunda.

Antusias dengan pertemuan tersebut, tahun ini Doulce Memoire kembali untuk membuat kreasi pertunjukan musik bersama penembang Neneng Dinar, musisi Yoyon Darsono dan Dede Suparman.

Dalam kolaborasi ini, mereka menyuguhkan sebuah perjalanan musikal tentang Negeri yang Tlah Hilang: dari karaton Sunda sampai ke kediaman raja-raja Prancis.

Pertunjukan istimewa ini akan menjadi acara perdana yang membuka festival Pritemps Francais 2016 di Surabaya pada Selasa (3/5/2016) bertempat di Jayanata Beauty Plaza, jalan Mawar 4-6 Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs