Selasa, 23 April 2024

Puluhan CCTV Awasi Copet di Pelabuhan Tanjung Perak

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pemudik padati Pelabuhan Tanjung Perak saat lebaran tahun 2015. Foto : Dok suarasurabaya.net

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak memasang 34 kamera CCTV (Closed Circuit Television) di seluruh wilayah pelabuhan. Pemasangan CCTV ini dilakukan untuk mengamankan arus penumpang dan barang selama angkutan lebaran kali ini.

“Kita pasang CCTV khusus di sekitar Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Terminal Penumpang Sementara dan Terminal Penumpang Roro,” kata Oscar Yogi Yustiano, Kepala Humas Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (16/6/2016).

Dengan penambahan CCTV, diharapkan dapat meminimalisir potensi tindak kriminal seperti copet di terminal penumpang sehingga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang arus mudik maupun balik di Pelabuhan Tanjung Perak.

Selain memasang CCTV, selama angkutan mudik dan balik, pengelola terminal juga akan menambah jumlah port security sehingga bisa berjaga selama 24 jam dan terbagi dalam 3 shift. “Para Port Security ini akan dibantu Pihak Kepolisian maupun instansi terkait lainnya,” kata dia.

Dalam kesempatan ini, Oscar mengimbau para pemudik bisa membeli tiket kapal laut di loket-loket resmi yang telah disediakan oleh operator kapal, karena saat ini sudah tidak ada lagi dispensasi bagi kelebihan penumpang.

“Jumlah tiket tentunya sudah disesuaikan dengan kapasitas kapal. Bagi penumpang yang tidak memiliki tiket jangan coba-coba naik kapal laut,” ujarnya.

Sementara itu, untuk penanganan arus mudik dan balik di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak, Dinas Perhubungan Jawa Timur H-5 s.d H-3 akan menyediakan 30 shuttle Bus Damri yang akan melayani rute Tanjung Perak-Bungurasih. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs