Rabu, 22 Mei 2024

Puncak Musim Hujan Berakhir Pertengahan Februari

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Banjir di Sidokare, Sidoarjo, Minggu (7/2/2016). Foto: Bruriy/Dok. suarasurabaya.net

Akhir Januari sampai pertengahan Februari 2016 adalah masa puncak musim hujan, kata Ari, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda.

“Hanya akan ada dua jenis hujan, yaitu intensitas ringan hingga sedang dengan durasi lama atau intensitas sedang hingga deras dengan durasi pendek,” katanya kepada suarasurabaya.net, Senin (8/2/2016) sore.

Terkait banjir yang selama beberapa hari terjadi di Kota Surabaya dan sekitarnya, kata Ari, selain karena curah hujan, juga dipengaruhi sistem drainase yang ada di masing-masing daerah.

BMKG Juanda memprakirakan Kota Surabaya akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dengan durasi lama, pada Selasa (9/2/2016) siang menjelang sore atau malam hari.

Sementara, pada Senin, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dengan durasi lama juga akan turun di Kota Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Gresik dan Lamongan pada malam hari.

Berdasarkan pantauan citra satelit, pertumbuhan awan hujan merata di seluruh wilayah Jawa Timur dan belum ada fenomena siklon tropis.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
27o
Kurs