Sabtu, 20 April 2024

RSU dr Soetomo Kirim 10 Dokter Spesialis Bencana ke Aceh

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur bersama para dokter yang akan dikirimkan ke Aceh, Kamis (8/12/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Rumah Sakit Umum (RSU) dr Soetomo Surabaya berangkatkan 10 dokter spesialis guna membantu penanganan dan pemulihan korban bencana gempa di Pidie Jaya, Aceh.

“Hari ini mereka kami berangkatkan untuk membantu di Aceh, dan ini dokter-dokter spesialis yang telah terlatih dan beberapa kali menangani bencana di berbagai daerah,” kata Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur, usai melepas keberangkatan 10 dokter ini di Grha Amerta RSU dr Soetomo Surabaya, Kamis (8/12/2016).

Menurut dia, sebanyak 10 dokter yang dikirim terdiri dari tiga dokter spesialis orthopedi dan traumatologi; lantas seorang dokter spesialis bedah kepala leher; tiga dokter spesialis anestesi dan reanimasi; lantas seorang perawat anestesi dan dua perawat instrumen.

Para dokter ini juga akan dibekali obat-obatan, peralatan medis, serta berbagai bekal yang diperlukan, sehingga kedatangan tim dari RSU dr Soetomo ini ke Aceh bisa mandiri dan tidak malah merepotkan tim medis lain yang ada di daerah bencana.

Sementara itu dr Harsono, Kepala RSU dr Soetomo mengatakan, sebanyak 10 dokter yang dikirimkan mayoritas adalah bersertifikasi penanganan bencana internasional.

Mereka yang dikirimkan juga telah terlatih dan beberapa kali juga berangkat untuk membantu penanganan bencana baik di dalam maupun luar negeri. “Waktu Tsunami Aceh, mereka ini bahkan enam bulan berada di Aceh,” kata Harsono.

Para dokter yang kali ini dikirimkan selanjutnya akan berada di Aceh selama 10 hari untuk selanjutnya mereka akan pulang untuk digantikan oleh tim dokter lainnya. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs