Kamis, 11 Agustus 2022

Rafflesia Gadutensis Mekar di Bengkulu Utara

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rafflesia gadutensis. Foto: phytoimages.siu.edu

Satu bunga Rafflesia gadutensis ditemukan mekar di habitatnya di kawasan Hutan Lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, berjarak 80 kilometer dari Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

“Kelopak bunga mulai membuka sejak kemarin dan diperkirakan mekar sempurna besok (3/12/2016),” kata Riki Septian Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Kabupaten Bengkulu Utara, saat dihubungi dari Kota Bengkulu, Jumat (2/12/2016).

Habitat bunga langka itu dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari gerbang objek wisata air terjun Palak Siring, Kemumu sejauh 20 meter ke dalam objek wisata itu.

Anggota KPPL Bengkulu Utara menyiapkan pemandu untuk menuntun pengunjung menemukan habitat bunga tersebut.

“Pengunjung bisa memarkir kendaraan di dekat gerbang wisata lalu nanti dipandu menuju lokasi,” ucapnya.

Riki menambahkan, lokasi bunga mekar berada di sekitar kawasan wisata air terjun Palak Siring, Kemumu.

Anggota KPPL Bengkulu Utara telah mengidentifikasi lima titik habitat bunga Rafflesia gadutensis di kawasan wisata Palak Siring tersebut.

“Ada lima lokasi yang dua bulan terakhir terus mekar bergantian. Sampai akhir tahun kami prediksi akan mekar bergantian,” ujarnya.

Rafflesia gadutensis merupakan satu dari empat habitat bunga Rafflesia sp yang sudah teridentifikasi di kawasan hutan wilayah Bengkulu.

Selain Rafflesia gadutensis, ada tiga jeni lainnya yang sudah teridentifikasi yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia hasselti dan Rafflesia Bengkuluensis. Dari keempat jenis rafflesia tersebut, jenis Rafflesia arnoldii memiliki diameter terbesar mencapai 100 centimeter.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
26o
Kurs