Sabtu, 27 April 2024

Ribuan Buruh Maspion Batal Berunjuk Rasa

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Demo pekerja PT Maspion, Kamis (17/3/2016) yang digelar di depan pabriknya membuat macet jalanan di kawasan Aloha. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Sekitar 20.000 buruh Maspion batal berunjuk rasa pada Rabu-Kamis, 12-13 Oktober 2016. Purwandi Ketua PUK SPSI Maspion I memaparkan alasannya dan rekan-rekannya membatalkan aksi tersebut.

“Tidak ada demo Rabu dan Kamis besok. Pertama, kami memang tidak ingin demo itu terjadi. Makanya ketika ada desakan dari karyawan untuk melakukan aksi, kami langsung koordinasi dengan Polda Jatim dan Pemprov Jatim. Disnaker Jatim sudah menganjurkan agar demo dibatalkan,” kata Purwandi kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (11/10/2016).

Dia mengakui selama ini banyak desakan untuk demo, baik dari internal maupun dari eksternal.

“Sebenarnya para karyawan menuntut uang lembur, tapi karena penjelasan manajemen bisa kami terima, maka demo kami batalkan. Pak Alim Markus pimpinan Maspion menyatakan kondisi perusahaan sedang sulit, penjualan terus menurun dan pasar global sedang lesu,” ujarnya.

Para buruh sudah mencabut surat pemberitahuan ke Polda Jatim. “Kami mohon maaf jajaran Polda, Polres, Pemprov dan semua pihak,” kata Purwandi.

Sebelumnya, marak beredar kabar buruh PT Maspion akan melangsungkan unjuk rasa selama dua hari pada 12-13 Oktober 2016. Ini diketahui dari surat PUK SPSI Maspion yang beredar lewat media sosial. Namun ternyata rencana unjuk rasa tersebut dibatalkan. (iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs