Rabu, 8 Mei 2024

Ribuan Buruh dari Berbek Mulai Bergerak

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sekitar seribu massa buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) saat ini sudah berkumpul di kawasan Berbek Industri untuk bersiap mengikuti unjuk rasa serentak. Foto: Taufik suarasurabaya.net

Sekitar seribu massa buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) saat ini sudah berkumpul di kawasan Berbek Industri untuk bersiap mengikuti unjuk rasa serentak yang mereka namakan sebagai aksi September bergerak.

Pantauan suarasurabaya.net, Kamis (29/9/2016), massa berkumpul di Omah Perjuangan yang berdiri di lahan kosong dekat tol Juanda kompleks Berbek Industri Waru.

Hingga saat ini massa yang mayoritas mengenakan seragam hitam dan biru bertuliskan FSPMI ini juga terus berdatangan.

Rencananya pada pukul 09.00 WIB ini, massa akan menuju ke gedung negara Grahadi untuk bergabung dengan ribuan massa buruh lainnya.

Dari kawasan Berbek, massa rencananya akan bergerak ke Grahadi melalui kawasan SIER kemudian ke jalan Kutisari lurus dan berbelok ke jalan Jemursari untuk mampir dulu di kantor Disnaker Surabaya.

Setelah orasi di depan kantor Disnaker Surabaya, massa selanjutnya akan mengarah ke Bundaran Waru untuk menunggu massa buruh lain dari Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan sehingga mereka bisa bersama-sama menuju ke Grahadi untuk mengikuti unjuk rasa September bergerak kali ini.

Sementara itu, Nurudin koordinator FSPMI Surabaya mengatakan, dalam aksi September bergerak kali ini massa akan mendesak beberapa tuntutan diantaranya adalah Tolak PP 78/2015 tentang pengupahan serta mendesak kebaikan naikkan UMK 2017 untuk ring 1 Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan dan Mojokerto sebesar Rp3,6 juta.

Selain itu dalam aksi kali ini, massa juga akan menolak sistem kerja outsourcing serta penghapusan pengadilan hubungan industrial. (fik/dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs