Kamis, 23 Mei 2024

Ribuan Pedagang Justru Ingin Pasar Turi Baru Segera Dibuka

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Salah satu gerbang Pasar Turi Baru. Foto : Taufik/Dok. suarasurabaya.net

Bambang Sudjatmiko, pedagang Pasar Turi menyayangkan aksi damai yang berlangsung Rabu (16/3/2016) pagi. Dia khawatir aksi itu akan mengganggu acara pembukaan yang telah dipersiapkan pengelola sejak jauh hari.

“Kami, para pedagang lama yang sudah melunasi pembayaran, ingin Pasar Turi segera buka dan kembali menjadi ikon Surabaya,” kata pria yang sudah berdagang di Pasar Turi sejak tahun 1959 tersebut, kepada suarasurabaya.net, Rabu siang.

Menurut dia, Pemerintah Kota Surabaya tidak ada kaitannya dengan masalah antara pedagang dan pengelola. “Pemkot itu kan hanya menyewakan lahan ke pengelola. Nah, urusan pedagang itu dengan pengelola. Mereka mengeluarkan biaya untuk membangun Pasar Turi lagi, sudah sewajarnya kita membayar,” kata dia.

Terlebih lagi, kata dia, pengelola melalui surat terbukanya kepada Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya yang bernomor 019/DIR/GBP/3/2016, sudah melunak dengan menyetujui penandatanganan addendum perjanjian terkait status hak pakai stand.

“Awalnya pedagang sudah membayar Rp10 juta untuk strata title. Tapi kami yakin uang itu akan dikembalikan atau dikonversi,” kata Bambang.

Pedagang yang memegang hak pakai 16 stand tersebut memaparkan, saat ini ada ribuan pedagang yang sudah memegang hak pakai 4.610 stand di Pasar Turi Baru, tengah menunggu pembukaan serentak tersebut. Pengelola Pasar Turi Baru rencananya akan menggelar pembukaan pada Jumat, 18 Maret 2016 dengan acara bertajuk “Dahsyatnya Pasar Turi Baru”.

“Pasar Turi Baru ini membangun sekitar 6.500 stand dan 3.780 di antaranya adalah stand pedagang Pasar Turi lama,” ujarnya.

Terkait biaya penggabungan stand yang mencapai Rp200 juta per stand, kata Bambang, adalah harga yang wajar. Dua tahun lalu dia sudah menukarkan dua standnya dengan stand baru yang lokasinya lebih bagus.

“Dalam hitung-hitungan dagang, ini wajar. Sekarang, harga stand saya sudah naik drastis. Kalau stand yang akan ditukarkan itu posisinya jelek, tukar dengan jelek, saya akan mengajukan surat permohonan keringanan,” ujar dia.(iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
26o
Kurs