Selasa, 21 Mei 2024

Ribuan Peserta Parade Surabaya Juang Mulai Diberangkatkan ke Taman Bungkul

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya dan Hartoyik Ketua LVRI Jatim berdiri di ‎kendaraan Wilys bersama peserta Parade Surabaya Juang. Foto: Denza suarasurabaya.net

Sebanyak 6 ribu peserta parade Surabaya Juang yang terdiri dari 300 komunitas dari Surabaya maupun luar Surabaya sudah diberangkatkan dari jalan Pahwalan menuju Taman Bungkul, Minggu (6/11/2016).

Parade Surabaya Juang dibuka pukul 08.00 WIB yang ditandai dengan penyerahan plakat prasasti perang kemenangan perjuangan Surabaya khususnya perang Benteng Kedung Cowek oleh komunitas Rooderburg Surabaya kepada Walikota Surabaya.

Aksi teatrikal perang 10 November yang rencananya digelar di bawah viaduk Jalan Pahlawan saat ini akan dipusatkan di Siola karena di Jalan Pahlawan masih ada tenda terpasang.

Rute parade Surabaya Juang 2016 ini mulai dari Jalan Pahlawan-jalan Kramat Gantung-gedung ex Siola-Jalan Tunjungan. Di Hotel Majapahit, para peserta parade Surabay Juang akan mengikuti upacara yang dihadiri Tri Rismaharini Walikota Surabaya.

Kemudian para peserta parade akan melanjutkan perjalanan ke arah jalan Gubernur Suryo. Di depan gedung Grahadi akan ada aksi teatrikal perang dan pidato Gubernur Suryo yang akan dilaksanakan oleh para peserta.

Para peserta akan melanjutkan parade ke jalan Panglima Sudirman menuju jalan Urip Sumoharjo lalu ke jalan Raya Darmo.

Di tengah perjalanan menuju jalan Raya Darmo, para peserta akan berbelok menuju ke monumen perjuangan Polri kemudian ke sekolah Santa Maria hingga ke Taman Bungkul.

Dinas Perhubungan Kota Surabaya juga sudah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas selama rangkaian parade Surabaya Juang 2016 berlangsung. Di beberapa lokasi akan diberlakukan sistem buka tutup jalan diantaranya di perempatan jalan Pasar Besar, Jalan Pahlawan, persimpangan Jalan Bubutan, jalan Kebon Rojo, Bank Indonesia sisi barat, jalan Tembaan.

Sedangkan jalan Basuki Rahmat yang mengarah ke jalan Gubernur Suryo juga akan ditutup total termasuk jalan Simpang Dukuh yang mengarah ke Gubernur Suryo maupun jalan Pemuda yang menuju ke jalan Yos Sudarso. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
32o
Kurs