Kamis, 9 Mei 2024

Ribuan Warga Bojonegoro Makan Tahu Bareng

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Sedikitnya 6.000 warga di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, makan tahu bersama dalam “Festival Tahu” yang digelar perajin dan pemuda Kelurahan Ledokkulon, Kecamatan Kota, Minggu.

Khorij Zaenal Asrori Ketua Panitia Pelaksana Festival Tahu di Kelurahan Ledokkulon, Kecamatan Kota, Bojonegoro memperkirakan, warga di kelurahan setempat juga luar daerah yang mengunjungi festival lebih dari 6.000 warga.

Ia mengatakan tujuan pelaksanaan festival tahu ledok ini untuk meningkatkan nilai ekonomis tahu produksi perajin tahu di kelurahan setempat.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan festival tahu ledok bisa menjadi salah satu objek wisata yang ada di daerahnya.

“Festival tahu ledok akan digelar setiap tahun. Setelah ini masuk agenda dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar) yang akan mengelola pelaksanaan festival,” jelas dia seperti dilansir Antara.

Menurut dia, dalam pelaksanaan festival tahu ledok yang pertama kalinya itu melibatkan sekitar 150 perajin di Kelurahan Ledokkulon, yang ikut menyumbang tahu diantaranya disusun menjadi gunungan.

“Perkiraan saya jumlahnya ada lebih dari 20.000 tahu berbagai ukuran,” kata Arifin Ketua Paguyuban Tahu dan Tempe Bojonegoro.

Khorij menambahkan jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam industri tahu di Kelurahan Ledokkulon, cukup banyak, karena setiap perajin melibatkan sejumlah tenaga kerja.

“Adanya festival ini jelas akan meningkatkan gengsi tahu produksi Ledokkulon,” ucapnya menegaskan.

Yayan Rochman Asisten III Pemkab Bojonegoro dalam sambutannya, mengapresiasi pelaksanaan festival tahu ledok yang baru pertama kalinya itu.

Apalagi, lanjut dia, di daerah lain di Tanah Air, bahkan dunia belum pernah ada penyelenggaraan festival tahu.

“Pemkab mengapresiasi pelaksanaan festival tahu ledok, sebab bisa masuk agenda wisata kuliner,” tandasnya.

Ia mengharapkan adanya festival tahu ini bisa semakin meningkatkan pemasaran tahu produksi Ledokkulon, ke seluruh daerah Tanah Air.

Hadir dalam acara festival tahu Amir Syahid Kepala Disbudpar dan Basuki Kepala Disperindag Bojonegoro yang ikut menandatangani festival tahu ledok bersama masyarakat lainnya di atas kanvas.

Selain digelar festival tahu ledok para perajin tahu juga menggelar jalan santai dan donor darah. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs