Senin, 29 April 2024

Risma Ingin Pakai Mobil Listrik Karya Mahasiswa ITS Sebagai Mobdin Pemkot

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Tri Rismaharini saat berfoto bersama dengan Tim Sapu Angin Speed 4 ITS, tampak Joni Hermana Rektor ITS (kanan) juga ikut berfoto. Foto : Tito suarasurabaya.net

Peluncuran mobil Sapu Angin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya Speed 4, di TS Cafe Sutos Surabaya, Jumat (19/8/2016), mendapat dukungan penuh Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya. Dalam acara itu, Risma mengatakan, dia sudah berencana menggunakan mobil buatan mahasiswa ITS untuk dipakai sebagai mobil dinasnya.

“Sebenarnya saya sudah ngomong dengan pak Hendro Sekda Kota untuk menggunakan mobil listrik karya anak ITS sebagai mobil dinas saya. Malah pak Sekda ngomong, sekalian mobil dinas pejabat kota saja sekalian,” ujar Risma kepada rekan media yang hadir.

Menurut Risma, idenya ini sudah lama dia sampaikan sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, ide itu belum terlaksana hingga akhirnya dia ungkapkan lagi kepada Joni Hermana Rektor ITS. Dia berharap ide itu bisa segera terwujud.

Selain itu, Ageng Giriyono General Manager MOR V Pertamina yang turut hadir dalam acara itu juga diajak Risma untuk bergabung mewujudkan ide tersebut.

“Kalau dari teman Pertamina juga ingin ikut, silahkan,” ujar Risma.

Risma juga mengatakan, dia ingin mewujudkan smart city dengan menggunakan mobil listrik buatan mahasiswa dan dosen ITS.

“Saya berencana akan pergi ke Sillicon Valley Amerika. Di sana ada start-up yang menjadi penghubung antara perguruan tinggi, pebisnis dan pemerintah. Itu sinergi yang menguntungkan,” kata Risma.

Persaingan bisnis mobil, kata Risma, sangat berat. Untuk itu, bila memang ini akan dibawa ke dunia bisnis harus mendapatkan dukungan dari semua pihak. Dia juga berharap penelitian terus dilakukan oleh pihak ITS.

“Kalau hanya dari perguruan tinggi saja tidak bisa, harus didukung banyak pihak. Makanya start-up di sana (Silicon Valley) siap membantu Surabaya,” ujar Risma.

Sekadar diketahui, mobil Sapu Angin Speed 4 yang diluncurkan hari ini akan mengikuti perlombaan di Student Formula Japan 2016 pada September nanti. Mobil ini berbeda dengan mobil buatan ITS lainnya, mobil ini mengandalkan kecepatan dan berbentuk seperti mobil balap.

Dalam peluncuran ini, selain dihadiri Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, juga dihadiri Ageng Giriyono General Manager MOR V Pertamina, serta dihadiri Joni Hermana Rektor ITS Surabaya. (tit/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs