Rabu, 6 Juli 2022

Rocktoberfest Tonggak Baru Musik Cadas Dari Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penampilan satu di antara line up Rocktoberfest 2016. Foto: Istimewa

Sekurangnya 18 band beraliran keras dan cadas, membuktikan keinginan sekaligus perjuangan kembali membangkitkan Surabaya sebagai gudang dan barometer musik keras di Jawa Timur dan Indonesia, berlangsung di Parkir Timur Plaza Surabaya.

Panggung Rocktoberfest 2016 sebagai satu-satunya panggung musik keras yang pernah digelar di Kota Surabaya, membuktikan tampilnya anak-anak muda dengan beragam sound mulai dari rock, hardcore, punk pop hingga death metal, bahwa Surabaya punya kekuatan jadi barometer musik cadas itu.

Di tahun 80-an, Surabaya pernah disebut-sebut kalangan musisi beraliran keras, sebagai barometer keberhasilan grup band rock Indonesia.

“Seperti Budokan di Jepang, yang jadi barometer grup band dunia untuk sukses wajib menaklukkan panggung Budokan. Surabaya juga jadi kota yang sangat diperhitungkan dijagad musik beraliran keras di Indonesia kala itu,” ujar Affandi penikmat musik rock.

Sebuah grup band rock yang sukses di Jakarta, dan Bandung masih harus diuji tampil di Surabaya agar kesuksesannya makin lengkap. “Kalau mereka gagal memikat publik rock Kota Surabaya lewat panggung penampilannya, grup itu belum top,” ujar Affandi.

Panggung Rocktoberfest 2016 yang dihelat M.Radio 98.8, diharapkan mampu menjadi satu di antara pentas paling diperhitungkan di jagad musik keras Surabaya, Jawa Timur bahkan Indonesia bila perlu. “Mengapa tidak? Rocktoberfest 2016 wajib jadi barometer musik keras Indonesia,” kata Affandi.

Fraud, The Flins Tone, Jagal, Blingsatan, dan puluhan kelompok band keras serta cadas asal Kota Surabaya lainnya, malam itu menghipnotis ratusan pasukan penikmat suara-suara keras dan penuh distorsi yang memainkan komposisi-komposisi memekakkan telinga penikmatnya.

Hingga seluruh pertunjukkan dan penampilan 18 grup band di line up panitia Rocktoberfest 2016 berakhir, penonton tak satupun bergeming dari tempatnya berdiri memandang panggung megah Rocktoberfest 2016.

“Keinginan untuk ikut berjuang dan membangkitkan kembali musik-musik beraliran keras di Kota Surabaya, juga jadi concern kami. Dan Rocktoberfest 2016 kami harapkan jadi tonggak baru musik cadas dan keras dari Surabaya,” kata Deni Saha Panitia Penyelenggara Rocktoberfest 2016 pada suarasurabaya.net, Senin (31/10/2016).(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
24o
Kurs