Sabtu, 4 Mei 2024

Sabtu, Tol Krian-Mojokerto Diresmikan Jokowi

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Dok suarasurabaya.net

Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi IV sepanjang 18 kilometer yang memanjang dari Krian hingga Mojokerto siap diresmikan oleh Joko Widodo Presiden pada Sabtu (19/3/2016) mendatang.

“Tadi sudah kita coba dan semuanya dalam kondisi bagus. Jadi sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden,” kata Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur usai meninjau gerbang tol Penompo yang ada di Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Kamis (17/3/2015).

Menurut Gus Ipul, gerbang tol juga telah siap, bahkan kartu tol juga sudah bisa digunakan di jalan tol yang merupakan bagian dari tol Surabaya-Mojokerto ini.

Terkait rencana peresmian, hari ini tenda-tenda raksasa untuk menyambut kedatangan Jokowi juga telah didirikan. Pengamanan di sekitar lokasi juga telah diperketat.

Pembangunan jalan tol seksi IV sendiri merupakan bagian dari Tol Surabaya-Mojokerto yang ditujukan untuk mengatasi kemacetan di Balongbendo, Krian, Sepanjang hingga Medaeng.

Pemerintah, kata Gus Ipul, sebenarnya berharap pembangunan tol Mojokerto-Kertosono juga bisa dituntaskan dalam waktu singkat. Namun pembangunan seksi II dan III yang meliputi Desa Penompo, Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto hingga Kesamben, Jombang masih terkendala pembebasan lahan. Saat ini, pembebasan lahan masih belum sampai 70 persen.

Gus Ipul mengatakan, untuk mempercepat pembebasan lahan, maka langkah konsinyasi akan segera dilakukan. Termasuk bagi 24 warga di kawasan Jetis yang hingga kini melakukan penolakan.

“Pemerintah akan lakukan pendekatan sehingga tidak perlu dilakukan konsinyasi, saya yakin warga akan segera menyerahkan tanahnya,” ujarnya. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs