Minggu, 19 Mei 2024

Sebanyak 51 Keluarga Asal Jatim Berangkat Transmigrasi

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sukardo (kiri), Kepala Disnakertransduk Jawa Timur memberangkatkan keluarga transmigran, Selasa (13/12/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Pemerintah kembali memberangkatkan sebanyak 51 keluarga atau sebanyak 162 jiwa asal Jawa Timur ke wilayah transmigrasi. Para keluarga yang kali ini diberangkatkan berasal dari Probolinggo, Sidoarjo, Tuban, Lamongan, Tulungagung dan Pacitan.

“Hari ini kita memberangkatkan 51 keluarga, mereka ini akan menempati lahan transmigrasi di Bengkulu dan Sumatera Selatan,” kata Sukardo, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Timur, usai memberangkatkan para transmigran di Gedung Transito Disnaker Jawa Timur, Selasa (13/12/2016).

Para transmigran kali ini diberangkatkan ke Sumatera menggunakan beberapa bus yang diperkirakan akan tiba di lokasi transmigran sekitar 4-5 limar hari perjalanan darat. Di tempat transmigrasi, mereka akan mendapatkan lahan, rumah serta biaya hidup selama 18 bulan.

Sementara itu, dengan keberangkatan ini, berarti selama setahun telah ada 462 keluarga asal Jawa Timur yang telah diberangkatkan ke tempat tranmigrasi. Mereka ini, 362 diantaranya termasuk yang hari ini berangkat dibiayai dari APBN, sedangkan 100 keluarga dibiayai dengan anggaran APBD Jawa Timur. Sebanyak 100 keluarga dari APBD Jawa Timur, beberapa waktu lalu sudah diberangkatkan untuk ditempatkan di Kalimantan Utara.

“Untuk tahun ini, Pemerintah Jawa Timur sebenarnya mendaptkan jatah untuk mengirimkan sebanyak 550 keluarga. Jadi nanti sisanya secara bertahap akan terus kami kirim saat ini masih menunggu surat penempatan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” kata Sukardo.

Pemerintah Jawa Timur saat ini juga telah minta pemerintah pusat bisa menambah kuota keberangkatan transmigrasi asal Jawa Timur karena saat ini waktu tunggu para calon transmigran sudah cukup panjang. Bahkan hingga Desember 2016 ini, setidaknya telah ada 6300 keluarga yang sudah mendaftar untuk diberangkatkan sebagai transmigran. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs