Sabtu, 25 Mei 2024

Seluruh Sungai di Surabaya Masih Aman

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Masyarakat Surabaya memancing di aliran sungai Gunungsari. Foto: dok/Totok suarasurabaya.net

Perum Jasa Tirta memastikan sungai-sungai yang ada di Surabaya kondisinya masih cukup aman dan kemungkinan belum berpotensi terjadi luapan.

“Debit air di Rolak Gunungsari pada pukul 15.30 WIB terpantau hanya 75 meter kubik perdetik dengan elevasi hilir yang ada di pintu air jagir wonokromo masih minus 2 meter, artinya ketinggian air dengan tanggul di sepanjang Jagir hingga ke Wonorejo masih menyisakan sekitar 2 meter,” Kata Didik Ardianto, Kepala Subdevisi Jasa Asa II Perum Jasa Tirta, pada suarasurabaya.net, Kamis (3/3/2016).

Untuk batas berbahaya debit Kali Surabaya sendiri, Perum Jasa Tirta menetapkan tiga manajemen siaga yaitu siaga hijau ditetapkan jika ketinggian air mencapai 180 meterkubik per detik. Sedangkan siaga kuning jika air mencapai 200 meterkubik perdetik, dan siaga merah jika air sudah mencapai 220 meterkubik per detik.

Didik mengatakan, hasil pengaman di pos pantau hujan yang dimiliki Perum Jasa Tirta juga menunjukkan jika intensitas hujan pada siang hingga sore ini juga hanya 27 milimeter per jam, atau masih dibawah batas waspada.

Didik membandingkan, untuk hujan deras yang membuat kawasan Surabaya Barat beberapa waktu lalu terjadi banjir memiliki intensitas hujan hingga 119 milimeter per jam. (fik/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
30o
Kurs