Jumat, 17 Mei 2024

Sempat Gangguan se-Jabanusra, Jaringan Telkom Akhirnya Kembali Normal

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Jaringan backbone fiber optic Telkom yang terputus di kawasan Gresik, yang menyebabkan gangguan komunikasi se-Jabanusra, Jumat (25/11/2016). Foto: Istimewa

Traffic komunikasi Telkom di wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusra) sempat terganggu sejak Jumat (25/11/2016) pukul 10.43 WIB, karena adanya gangguan telekomunikasi ke arah gateway Batam dari network Telkom yang di Rungkut, Surabaya.

Ivone Andayani, Manager Sekdiv & Public Relations Regional 5 Jatim, Bali, Nusra Telkom Indonesia mengatakan, penyebabnya karena jaringan backbone fiber optic yang terputus di lokasi 2,6 km dari Gresik ke Pongahan. Namun setelah ditangani para teknisi Telkom jaringan yang terputus bisa ditangani dan selesai pukul 16.00 WIB. Meskipun begitu, kata Ivone, normalisasi bertahap dan tidak semua langsung mendapat koneksi bagus.

“Layanan Telkom yang terimbas, selain jaringan komunikasi juga di sisi data jadi lambat, dan USeeTV yang mengalami freeze. Namun, masalah sudah teratasi lebih cepat dari perkiraan,” katanya pada suarasurabaya.net, Jumat.

Sementara itu Ivone mengatakan untuk meningkatkan layanan ke pelanggan ke depan, sebelum akhir tahun 2016, juga dalam antisipasi Natal dan Tahun Baru, Telkom telah mengantisipasi kebutuhan akses yang makin tinggi.

“Telkom akan melipatgandakan bandwidth ke arah gateway Batam dari yang semula 400 GBps (dua jalur) menjadi 800 GBps”, katanya. (ham/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
26o
Kurs