Selasa, 21 Mei 2024

Seperti di Film Action, Satpam Gagalkan Upaya Pencurian Mobil

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Mobil box L 300 dengan Nopol L 8091 KD yang nyaris dibawa lari dua komplotan pencuri kendaraan bermotor di Jalan Cipunegara, Minggu (12/6/2016) dini hari. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Seorang satpam sebuah perusahaan di Jalan Cipunegara, Surabaya, berhasil menggagalkan upaya pencurian mobil boks L300 bernopol L 8091 KD, Minggu (12/6/2016) dini hari.

Yudi Anggota Satuan Pengamanan (Satpam) di sebuah perusahaan yang diketahui bernama PT IMA ini sempat menggelantung di bemper mobil boks yang sedang melaju hingga jarak yang cukup jauh. Seperti di adegan film-film action.

Minggu pagi itu, tidak lama setelah warga sekitar melaksanakan salat Subuh, Yudi mendengar suara berisik dari tempat mobil boks milik perusahaan terparkir. Yudi akhrinya yakin, bunyi berisik itu adalah suara mobil yang sedang distarter oleh seorang pencuri.

Yudi segera bereaksi, melompat dari pos penjagaan tempat dia berada berlari untuk menghadang mobil yang sudah dilajukan oleh pencuri. Dia berhasil mencegat mobil, bermaksud menghentikan pencuri. Tapi pencuri yang merasa kepergok malah menggeber gas mobil untuk menabrak Yudi.

Satpam itu tertabrak. Tapi dia bertahan di bemper mobil boks. Satpam itu sempat terseret dari Jalan Cipunegara hingga Jalan Adityawarman Surabaya sambil terus berteriak “maling!” untuk menarik perhatian pengendara di jalan raya.

Edi, seorang pendengar Radio Suara Surabaya yang tinggal di Jalan Cipunegara mengaku menyaksikan hal ini. Dia mengaku menyaksikan peristiwa itu usai mengikuti salat Subuh berjamaah di masjid sekitar.

“Saya dengar ada orang teriak. Ada dua orang boncengan, yang satu masuk ke L300, yang satu masih naik motor. Securitynya memergoki,” ujarnya melaporkan.

AKP Agung Widoyoko Kanit Reskrim Polsek Wonokromo membenarkan kejadian tersebut. Yudi Satpam di PT IMA itu memang bergelantungan di depan mobil yang melaju ratusan meter dari Jalan Cipunegara hingga Jalan Adityawarman.

“Melihat kegigihan satpam, pelaku lantas menabrakkan mobil ke Pohon. Satpam itu terjatuh dan mengalami luka,” ujar Agung, Minggu (12/6/2016).

Mobil Boks itu menabrak sebuah pohon di Jalan Adityawarman. Beruntung, Yudi berhasil selamat dari tabrakan keras bagian depan mobil. Namun Satpam ini tetap mengalami luka-luka di bagian belakang tubuhnya.

Saat mobil sudah menabrak pohon, pelaku pun keluar dari mobil. Pada saat yang sama, ternyata rekan pelaku upaya pencurian itu mengikuti dari belakang dengan sepeda motor. Kedua pelaku pun berhasil melarikan diri dengan berboncengan satu motor.

“Mobil ditinggal di lokasi di Jalan Adityawarman bersama Satpam yang mengalami luka-luka di bagian punggungnya,” katanya. Berdasarkan kesaksian Yudi, Polsek Wonokromo masih melakukan pendalaman atas terjadinya upaya pencurian mobil L300 ini. Saat melakukan olah TKP, polisi menemukan patahan kunci T yang digunakan oleh pelaku.

“Kami akan mendalami kasus ini. Kami akan mencari pelaku curanmor ini dari jaringan mana. Ini pertama kalinya pencurian mobil boks jenis L300 di wilayah hukum Polsek Wonokromo,” katanya.

Agung juga mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan di Bulan Puasa Ramadan. Sebab, berdasarkan pengalaman, memang banyak pelaku kriminal memanfaatkan momen kelengahan korban.

“Faktornya, karena kebutuhan ekonomi tinggi menjelang lebaran. Hal ini memicu para pelaku kejahatan ini gelap mata dan melakukan hal-hal yang di luar kewajaran. Misalnya dengan tega menabrak korban, seperti yang terjadi terhadap Satpam tadi pagi,” katanya.(bid/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs