Kamis, 28 Maret 2024

Serunya Belajar Langsung Praktek di Restoran Jepang UK Petra

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Lobby Ikagai Hotel and Restaurant bernuansa Jepang. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ikigai Yokoso selalu diucapkan tiap kali pengunjung hadir di Ikigai Hotel and Restaurant yang ada di Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.

Greeting dalam bahasa Jepang itu merupakan bagian dari proyek mahasiswa semester 6 Manajemen Perhotelan angkatan 2013 dalam mata kuliah Manajemen Operasional Hotel (Moh).

Mulai dari penampilan para waiters, serta berbagai ornamen yang menghiasi restoran dan hotel juga sangat kental dengan nuansa Jepang. Demikian juga dengan berbagai menu makanan yang ditampilkan.

Ikigai dalam bahasa Jepang terdiri dari 2 suku kata yakni Iki yang artinya Hidup atau kehidupan. Kai artinya wujud dari sesuatu yang diharapkan.

“Artinya, adalah alasan setiap orang saat bangun tidur adalah untuk mengerjakan sesuatu yang berarti dalam hidup dan menikmati hidup,” kata Jefson Theios General Manager Ikigai Hotel and Restaurant.

Dengan tagline Taste Of The Rising Sun, diharapkan konsumen dapat menikmati, mengenal, merasakan dan menantikan suasana keindahan empat musim yang ada di Jepang meski berada di Kota Surabaya.

“Selain konsumen dapat menikmati suasana Jepang dengan 4 musimnya, kami para mahasiswa berkesempatan untuk belajar sekaligus langsung praktek. Ini sangat menarik sekaligus menantang,” ujar Jefson.

Menu yang ditawarkan beragam diantaranya Crispy Chicken Uingu, Katagawa Gyoza, Odenoki, Grilled Beefyaki, The Curry Riceing, dan sederet menu lainnya adalah menu khas asal Jepang.

Ikigai Hotel and Restaurant beroperasi mulai 16 Februari hingga 31 Maret 2016 mendatang. Hotel dan restauran tempat para mahasiswa perhotelan mempraktekkan ilmunya ini berada di gedung Ferry Teguh Santosa lantai 2 kampus UK Petra.

Sementara itu, disampaikan Endo Wijaya Kartika, S.E., M.M., Kepala Program Manajemen Perhotelan UK Petra, bahwa tiap semester genap para mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan mempraktekkan hasil studinya.

“Ini kesempatan mempraktekkan secara langsung kemampuan mereka selama belajar secara teori di dalam kelas dengan mengelola operasional sebuah Hotel. Ini pelengkap sekaligus evaluator menghadapi dunia kerja,” ujar Endo Wijaya Kartika, S.E., M.M selaku Kepala Program Manajemen Perhotelan UK Petra.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs