Kamis, 25 April 2024

Sholat Idul Adha di Masjid Agung Sunan Ampel Berlangsung Khidmat

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Kaum muslimin dan muslimat melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 Hijriyah, Senin (12/9/2016), di Masjid Agung Sunan Ampel, Surabaya. Foto: Farid suarasurabaya.net

Kaum muslimin dan muslimat telah melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 Hijriyah, yang bertepatan dengan hari ini, Senin (12/9/2016), di Masjid Agung Sunan Ampel, Surabaya.

Sholat Ied yang diimami KH Ahmad Haris Ali Tamam, mulai pukul 6.15 WIB berlangsung khidmat. Pantauan suarasurabaya.net cuaca di wilayah Ampel pagi ini pun terpantau cerah.

Untuk menjaga keamanan, aparat kepolisian dari kesatuan Brimob menurunkan 1 unit yang terdiri 10 personil. Mereka melakukan sterilisasi menggunakan detektor berkeliling area masjid.

Dari pantauan suarasurabaya.net sejak subuh, cukup banyak jemaah dari luar Kota Surabaya sengaja datang ke komplek masjid sunan ampel, untuk merayakan Idul Adha di sini.

“Saya dan keluarga berangkat dari Demak jam 8 malam, dan sampai di sini sekitar jam 3 pagi. Kami memang sengaja mau Sholat Ied di sini, sekalian ziarah ke makam Sunan Ampel,” kata Suyudi, warga Demak yang sudah di masjid sejak dinihari tadi.

Masjid Agung Sunan Ampel, memang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata religi umat Islam di Jawa Timur.

Di sini, juga ada makam Raden Ahmad Rahmatulloh atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Ampel, salah satu dari sembilan Wali penyebar agama Islam di Nusantara.

Rencananya, setelah sholat idul adha, sekitar pukul 8 nanti, akan ada pemotongan hewan kurban.

Nasir, abdi Masjid Agung Sunan Ampel yang bertugas menerima hewan kurban mengatakan, sampai pagi ini sudah ada 9 kambing dan 4 sapi yang siap disembelih.

“Kebanyakan hewan kurban itu berasal dari warga sekitar masjid. Ada juga kiriman dari jemaah luar Surabaya yang tiap tahun berkurban di sini,” ujar Nasir.

Nantinya, daging kurban itu akan dibagikan ke warga sekitar masjid Agung Sunan Ampel, khususnya warga yang kurang mampu secara ekonomi. (rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs